Review Maybelline Fit Me Foundation Matte Poreless dan Dewi Smooth Natural Beige 220

Halo, aku belakangan lagi suka banget pakai makeup yang ringan, natural namun tetap flawless. Kalau di instagram bisa nyari hastag nomakeup makeup, namun seringkali, begitu melihat tutorial bejibun di youtube, nomakeup makeup ini malah membutuhkan produk yang sangat banyak, njelimet, dan akhirnya jadi malas mengikuti tutorialnya. Katanya makeup natural, tapi kok malah jadi ribet?

Belum lagi kalau urusan mencari foundation suka kesulitan mencari shade yang pas warna kulit, sehingga terpaksa mencampur warna untuk mendapatkan warna yang pas sama kulit. Kebayang nggak sih repotnya? Ya kali kalo saya bisa campurnya, kalo nggak sempat, atau lupa? Hehe, jadi di review kali ini saya mencoba foundation yang lumayan baru keluar (tahun lalu) dari Maybelline, namanya Maybelline Fit Me Foundation.

Kalau melihat iklannya sangat tendensius, karena Maybelline Fit Me Foundation ini diklaim berbeda dengan yang lain, di mana cocok untuk semua jenis kulit dengan pilihan dewy dan matte finish, memiliki 26 shade berbeda, serta sangat ringan dipakai. Saya pribadi nggak percaya sama iklan sebelum mencoba, jadi apakah beneran seperti yang diklaim di iklannya? Yuk lanjut baca terus reviewnya.

Sebelum memilih foundation, ada baiknya mengenali jenis kulit sendiri. Buat yang kulitnya kombinasi dan berminyak, Maybelline memiliki varian matte + poreless dengan pilihan 16 shade. Dan untuk kulit normal / kering, tersedia varian dewy + smooth yang dilengkapi dengan SPF 18 dan tersedia dalam 10 shades. Karena pilihannya banyak, saya rasa jadi lebih mudah ya untuk menentukan shade yang cocok buat kulit kita.

Shade yang saya pilih ini nomer 220 Natural Beige, karena kulit saya kalau dibilang putih sih enggak putih banget, lebih ke warm tone dan kalau kena panas suka memerah sehingga saya pilih shade yang paling aman ini. Ada baiknya untuk pemilihan shade sebaiknya foundationnya ditestkan ke leher, jangan ke punggung tangan, karena hasil di leher yang paling mendekati untuk ke kulit wajah, jangan ragu untuk bertanya sama BA-nya. Buat yang tidak sempat ke counter Maybelline bisa coba memilih warna foundation di sini.

Di packagingnya sendiri tulisannya besar dan jelas, kemasannya juga terbuat dari kaca transparan sehingga bisa terlihat isinya dari luar. 


Keterangan shadenya ada di botol atas dengan tulisan besar, jadi kemasannya sangat informatif.

Keterangan produk berada di bagian belakang.

Expired date yang tercetak di kemasan foundation.


Packaging
Kemasan dari Maybelline Fit Me Foundation terbuat dari kaca dan pastikan masih tersegel pada saat dibeli. Berbeda dengan beberapa produk Maybelline yang lain, expired date yang biasanya tercantum di plastik yang bakalan terbuang saat dibuka, di packagingnya ini expired date tercetak di botolnya, jadi enak deh nggak ribet nyari tanggal kadaluarsanya. Sayangnya lubangnya lumayan besar, sehingga menuangkan isinya harus hati-hati supaya tidak kebanyakan keluarnya.

Tempat keluarnya jika botol dibuka

Perbandingan ukuran botol foundation dengan tangan saya, masih aman kalau mau masuk case kosmetik.



Scent and Texture

Shade natural beige 220 ini pas banget jika punya warna kulit warm tone seperti saya, dan suka kemerahan jika kena matahari.


Dewy + Smooth
Pada saat pertama kali dituangkan foundie ini terasa cair, dan tidak terlalu creamy. Teksturnya sih lebih ke liquid foundation gitu ya. Pas diaplikasikan ke wajah yang tidak pakai skincare, ternyata bagus banget, karena finishingnya dewy jadi pas diratakan itu lebih gampang, licin, dan pakai tangan saja sudah bisa mengcover satu wajah. Yang varian ini pas banget kalau yang suka cracky dan kering pas meratakan foudation, dan yang saya paling suka itu ringan banget, berasa seperti MSBB - my skin but better, tentunya dengan coverage yang lumayan. Oh iya, yang dewy ini juga sudah dilengkapi dengan SPF 18.

Matte + Poreless
Saya kira tadinya yang matte ini bakalan lebih powdery dan kesat, ternyata pada saat diaplikasikan sama-sama mudah diratakan seperti varian dewy. Finishingnya sih nggak dead matte, lebih ke velvet matte gitu, masih ada efek dewynya walaupun sedikit.

Result
Ini hasil before afternya. Walaupun pakai foundation, yang dikira tebal, ternyata hasilnya rapi dan natural, padahal hanya aplikasi dengan tangan saja.


DEWY + SMOOTH 220 NATURAL BEIGE

MATTE + PORELESS 220 NATURAL BEIGE

Di sini saya tidak menggunakan primer ataupun skincare apapun sebelum aplikasi foundation, dan ternyata foundie Maybelline ini berhasil menempel dengan baik hanya dengan diratakan pakai jari. Coverage: berhasil menutup warna gelap di bawah mata, samping kanan kiri hidung, dan warna kulit pipi yang tidak merata.

Ketahanan foundation ini juga cukup bagus, untuk makeup harian yang terpakai selama 5 jam masih bisa bertahan, hanya teroksidasi sedikit (tidak menggelap) dan produksi minyak yang dihasilkan masih normal. Saran saya sih karena foundation ini agak transfer, sebaiknya di-set dengan bedak tabur dan selalu sedia blotting paper untuk menyerap minyak berlebih.



Di foto ini perbandingannya Maybelline Fit Me dengan foundation warna lain, di saya Maybelline ini sedikit oxy sehingga warnanya menggelap, namun coverage masih bertahan. Foundation lain tidak terlalu oxy namun coverage sudah menurun.Foto ini diambil setelah pemakaian 5 jam tanpa aktivitas berat, I mean saya di kantor dan bekerja seperlunya. Untuk tingkat perminyakan Maybelline masih lebih bagus (saya pakai yang matte) karena nggak menyebabkan muka jadi berkilau.

Buat yang galau mencari shade, nomer 220 natural beige ini rangenya cukup luas dan juga nggak keputihan kalau di saya, jadi yang skin tonenya mirip saya bisa jadikan shade ini sebagai referensi.

Yang saya sukai:
1. Mudah dibeli di counter Maybelline
2. Harga terjangkau dan isinya banyak
3. Mudah diratakan dalam kondisi wajah tanpa pelembab
4. Ringan tidak terasa memakai topeng
5. Varian dewy sudah dilengkapi dengan SPF

Minusnya:
1. Agak transfer jika tanpa setting powder
2. Varian dewy agak terlalu berminyak buat saya
3. Kalau kena keringat berlebih agak oxy.





Product available at Sociolla, use my code SBNLAC4E for discount Rp 50.000, minimum purchase Rp 250.000 (normal price item only).


See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

48 comments

  1. Aku juga pake fit me MAybelline ini lumayan coverage buat aku dan ringan, biasanya kalau pake foundie wajahku suka breakout tapi pakai ini engga

    ReplyDelete
  2. Ah, ini hits banget ya! Kalau aku masih setia sama bb cream, tapi bimbang antara si fit me dan lo**al itu hehe

    ReplyDelete
  3. Dari kemasannya sudah eksklusif ya mbk..
    Bisa juga nih buat menyamarkan noda di wajah sehingga tampak lebih kinclong

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku suka ini ringan banget dan coverage bagus

      Delete
  4. aku suka banget fit me, tapi setelah kenal sama maybelline superstay jadi berpaling aku dari fit me.. haha

    ReplyDelete
  5. Produk yg spertinya bagus ya krn dicoba langsung. Info bermanfaat utk mba2 di luar sana!

    ReplyDelete
  6. Dulu baca review fit me dan tertarik untuk beli. Sayang, produk ini nggak cocok di saya. Bikin seperti kilang minyak dan menghitam karena oksidasi

    ReplyDelete
  7. Istriku kalo dibeliin model kayak gitu nggak pernah mau. Itu peralatan makeup dari dulu masih ada aja. Irit kalo urusan ini dia.

    ReplyDelete
  8. Dari kapan hari seliweran lihat iklannya, jadi penasaran. Eh kok ya pas ketemu review produknya di sini. Kulit saya berminyak, jadi pilih yang matte ya. Ntar cari juga ah.

    ReplyDelete
  9. Kebetulan aku lagi nyari foundation yang bisa menutupi bekas jerawat. Coba beli ahhh

    ReplyDelete
  10. Kalau yang matte tu kyknya bikin keliatan putih banget ya mbak. Kyknya yang kulitnya lbh cenderung kekuningan kyk aku cocok ma yang Dewy, kyke sih hehehe

    ReplyDelete
  11. aq penasaran banget sama produk ini lho, sampe sekarang blm cobain..

    ReplyDelete
  12. wah, udah lama gak pake "dempulan" efek anak kicik yg bikin rempong hihihi.. mentok pensil alis sama lipenstip, ya Ampun... jadi kagok sama perabot makeup tapi setelah kesini, jadi kangennnnn huhuhu.. mo coba beli juga ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kalo lagi males pakai alis dan lipstik aja

      Delete
  13. Aku termasuk jarang sih ya pake foundation..paling kalo pas ada acara khusus aja. Sehari2 sih lebih suka pake BB Cream, tapi oke lah reviewnya mbak,bisa tuk jadi acuan. makasih ya.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Wah Natural Beige ternyata terang juga ya �� Kalo di Find Your Fit tuh kayak masuk medium, tadinya aku pilih itu soalnya hahaha

    ReplyDelete
  16. foundi hits, tapi sayang aku ga pernah pakai hahahaa di foto terakhir aku malah keinget muka Tian loh Nov hahahaa #kbbvmember

    ReplyDelete
  17. Jadi sebuah pertanyaannya ya kak kenapa cuma yang dewy yang Ada SPF nya (-_-")


    #kbbvmember

    ReplyDelete
  18. foundi ini hits banget yah, udah banyak yg pake, cuma aku blm pernah coba krna masih bingung nentuin shade :D

    #KBBVmember

    ReplyDelete
  19. Aku punya yg dewy + smooth. Nggak suka karena transfer bgt. Kesenggol lengan baju aja bisa cemong mukaku huhu #kbbvmember

    ReplyDelete
  20. Aku masih bingung harus pilih shade yg mana. Tapi kayanya warna kulit kita mirip jadi nanti aku akan beli shade yg sama juga, thanks untuk reviewnya! �� #kbbvmember

    ReplyDelete
  21. Maybelline Fit Me yang Matte foundation holy grail aku nih.. Sebenernya aku suka yg hasilnya dewy, tp yg fit me matte ini hasilnya masih cuco... #kbbvmember

    ReplyDelete
  22. Pengen nyobain ini. Tapi masih ragu karena ya gitu.. Masih byk yang bilang oksi. Tapi finishnya oke ya.. Suka deh #kbbvmember

    ReplyDelete
  23. aku kurang suka sama foundation ini terutama karena gak ada pumpnya #kbbvmember

    xoxo,
    tutuskirtjournal

    ReplyDelete
  24. Walau sama-sama shade 220 tapi warnanya beda ya ce. Dewy & Smooth kayaknya juga lebih terang. Udah nyobain yang matte, sekarang pengen coba yg dewy
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  25. Sebenernya aku suka sama formula foundation ini. Tapi warnanya oksidasi banget, parah. Jadi males pakai ini lagi #kbbvmember

    ReplyDelete
  26. wah aku jg lg cobain foundie ini :D tp sayang ya gada pumpnya :s
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  27. ak jg pny foundi ini. di ak jg oxy klo uda bbrp jam. jdi ak jrg pake :(

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  28. Banyak yang bilang bagus tapi aku belum coba~ sayang ngga ada pipe atau pumpnya
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  29. Tooos. Samaan kita.. aku jg demen banget produk maybelline ini.. udah 2x repurchase wkwkwk #kbbvmember

    ReplyDelete
  30. Masih bru cobain yg dewy smooth krna pas mau beli dlu aku ga pnya foundi yg hasilny dewy akhirnya ak beli yg dewy krna keperluan MUA hehe . Pdahal kulit ak oily 🤣 . Skrg jd pengen coba yg matte juga deh hehe
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  31. Mau beli ini masih maju mundur, soalnya banyak review bilang oxidasinya lumayan yg seri matte
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  32. My favourite foundie at the moment. Aku pake yang varian dewy, dan hasilnya emang cantik banget di kulit. Pantesan banyak yang suka #kbbvmember

    ReplyDelete
  33. foundie ini menurutku emang the best sih #kbbvmember

    ReplyDelete
  34. Dari dulu aku penasaran banget sm foundie ini, tp cuma maju mundur aja kalo udh di counter maybelline hahah #labil


    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  35. Menurutku fitme ini warnanya paling deket sama warna kulit. Di makeup store sini tone 220 laris banget, deh!

    ReplyDelete