Inspirasi Baju Hamil yang Timeless dan Bisa Dipakai Setelah Melahirkan

Salah satu masalah krusial kalau mau bepergian buat saya itu adalah pilih baju. Pilih baju jauh lebih susah dibandingkan pilih lipstik karena kadang merasa baju satu lemari tidak cukup, kurang keren, dan tidak kekinian.

Kalau makeup lebih mudah, tidak cocok tinggal dihapus dan bisa ganti baru, pas jalan-jalan bisa beli dan masuk ke dalam tas. Kalau baju, itu susah susah gampang, saya pribadi lebih suka memiliki banyak koleksi baju dengan model basic dibandingkan banyak corak karena mudah dipakai occasion mana saja, dan juga bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Beberapa waktu yang lalu, saya rajin post OOTD di instagram tau-tau ada yang mengirimankan direct message, nanya tempat beli baju yang bagus dan murah. Saya sendiri beli baju jarang online, tadinya selalu beli di toko dan harus mencoba. Ya, tapi itu dulu, sekarang belanja baju lebih mudah, bermodalkan ukuran badan sendiri dan meteran kain, tinggal menyesuaikan dengan size chart di toko online maka sudah bisa terbeli ukuran yang pas.

Salah satu yang bikin galau, dulu, itu memilih baju saat hamil. Sebelum saya dihujani ucapan selamat, ada baiknya saya umumkan kalau saya tidak sedang hamil dan tidak berencana hamil dalam waktu dekat ini. Postingan ini karena sharing is caring, apalagi dulu jaman saya hamil itu tidak terlalu banyak baju hamil yang bagus-bagus, jadi bisa dibilang iri juga sama ibu hamil sekarang yang pilihan bajunya banyak dan harganya terjangkau.

Memilih baju hamil itu gampang-gampang susah. Dulu sekali, alasan saya tidak mau membeli baju hamil yang spesifik karena modelnya kebanyakan ibu-ibu banget. Selain itu juga belinya susah, jarang ada yang online bagus, dan modelnya terbatas. Ditambah lagi jaman itu saya belum menjadi hamba social media, kalau sekarang dikit-dikit ya cekrek.

Terus beli baju hamil itu sebenarnya perlu tidak? Ya tergantung, ini selera. Namun sebagai ibu dua anak yang sudah lebih berpengalaman hamil dan melahirkan, menurut saya perlu banget karena punya baju hamil itu menjadi kebutuhan. Selain butuh (khususnya buat yang hamilnya sudah mulai besar), mengenang momen kehamilan yang belum tentu datang dua kali itu menjadi alasan kenapa dulu saya juga membeli baju hamil.

Selain alasan di atas, saya membeli baju hamil juga dengan pertimbangan adalah badan sehabis melahirkan tidak langsung kembali ke bentuk semula, alias ya masih agak gemuk dan tidak jarang masa menyusui tidak sempat diet, sehingga baju hamil menjadi pilihan outfit paling tepat dan nyaman. Dengan sedikit kreatifitas, sebenarnya baju yang sudah dibeli bisa tetap dipakai dengan modifikasi, tinggal dibawa ke penjahit maka sudah bisa fit kembali.

Nah, ini rekomendasi baju hamil wajib punya, karena model-model berikut timeless, dan selalu bisa dipakai kapan saja, walaupun tidak dalam kondisi hamil.

1. Ankle pants



Celana ini bahasa kerennya celana 3/4 karena memang hanya menutupi sebagian kaki. Ini adalah celana multifungsi dan sesudah perut kembali kempes, celana ini mudah dimodifikasi dikembalikan menjadi celana biasa. Yang saya suka model ini benar-benar klasik dan bisa dipakai kapan saja. Kalau sudah bosen sama modelnya, biasanya ya saya jadikan celana pendek, tinggal dipotong saja.





2. Cardigan hamil




Model atasan klasik yang juga saya sukai karena ada model talinya sehingga bisa disesuikan di lingkar perut. Kembali ke tujuan utama membeli baju ini karena bisa dipakai walaupun tidak sedang hamil, apalagi buat yang punya plus size atau memang mencari baju yang longgar di perut.


3. Casual dress




Dress memang jadi favorit karena bisa dipakai di acara mana saja, buat jalan maupun di rumah dipakainya bakalan enak dan selalu bagus difoto. kalau cari model dress, biasanya saya suka warna yang tidak banyak detail karena bisa ditambahkan aksesoris.


4. Dress classic





Ini sih daster, tapi beneran modelnya tidak seperti jaman dulu yang ibu-ibu banget karena banyak model yang keren. Kalau jaman dulu dress ini muncul dengan model itu itu saja sekarang pilihannya lebih chic dan bisa dipakai jalan-jalan. Jadi daster jaman now tidak hanya dipakai untuk di rumah saja.

5. Jeans




Favorit saya untuk ke kantor saat hamil menggunakan jeans, karena biasanya dari kantor juga memberi kelonggaran berpakaian untuk pekerja yang hamil. Nah, kalau sudah melahirkan jeans ini bisa dimodifikasi juga sesuai dengan bentuk tubuh setelah berat badan menyusut. Kalau model jeans favorit saya yang basic, karena enak dipakai banyak gerak.

6. Legging




Buat yang suka bahan melar dan minim panas legging bisa menjadi pilihan karena modelnya yang lebih klasik dan bisa dipadukan dengan atasan apapun. Warna favorit saya untuk legging tentu saja hitam, karena mau pakai baju dan aksesoris apapun, warna hitam pasti masuk.

7. Rok




Saya sendiri jarang menggunakan rok, tapi rok panjang ini bagus banget untuk semua occasion.

8. Atasan




Untuk blouse saya biasanya pilih yang bahannya melar seperti spandeks, karena lebih nyaman dipakai. Untuk acara formal bisa mencoba bahan katun karena jatuhnya lebih resmi dan tidak terlalu casual.

Jadi itu 8 dari sekian banyak baju yang bisa menjadi pilihan baju hamil. Saya pribadi suka memadumadankan karena biasanya punya beberapa item yang basic sangat berguna dan tidak bikin mati gaya. Apalagi dengan kondisi sekarang di mana sedikit-sedikit kita butuh fashion yang mumpuni karena setiap sudut menjadi ajang pose berfoto untuk dipasang di social media.

Kalau dulu cari baju dengan segitu banyak model bisa makan waktu berjam-jam keliling toko, sekarang mudah, salah satu toko online favorit saya Matahari Departemen Store yang sudah established juga ada pilihan baju seperti di atas, dan harganya terjangkau dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Jadi mencari baju, baik pakaian wanita, pria, anak-anak, sekarang semuanya serba online dengan banyak pilihan model dan pengiriman cepat di Matahari Online Departemen Store.



See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

1 comment

  1. rok itu bener banget.. haha. . aku dulu pake rok di atas perut banget di bawah dada gitu pas hamil biar ga melar karetnya jadi bisa dipake lagi setelah hamil

    ReplyDelete