Review Lensa Fujian 35mm f/1.7

Bicara soal kamera itu ngga ada habisnya, apalagi pembahasan lensa yang bagus. Buat yang masih pemula, alias nggak pernah punya kamera kayak saya, lensa kit sudah jauh lebih dari cukup, dan bisa mengcover kebutuhan foto sehari-hari yang hanya dishare ke socila media.

Memang, pada saat fase awal saya mencoba kamera, saya disarankan untuk membeli minimal 1 lensa fix supaya bisa menghasilkan foto dengan bokeh maksimal. Sayangnya karena harga lensa fix yang cukup mahal, saya menunda dulu untuk membelinya.

Setelah searching sana sini di google, saya nemu lensa murah yang bisa dipergunakan di kamera mirrorless, yaitu Fujian CCTV Lens. Harganya saya beli di ebay sekitar $25, atau sekitar 350.000. Di penjual lokal ada juga yang jual namun karena sehari-hari saya belanja ebay ya saya lebih nyaman membelinya sendiri.

Kesan pertama melihat lensa ini: kecil, receh, remeh, mainan banget deh pokoknya. Well, apa yang loe harapkan dari lensa seharga 300 ribuan saja? Sukur-sukur masih bisa motret, tenang saja masih bisa kok. Dan ternyata hasilnya jauh di luar ekspektasi saya, jika dibandingkan dengan harganya.

Karakteristik lensa ini tajam di area tengah, dan vignette yang lumayan di samping. Tentu saja jangan berharap bisa ngelock fokus karena aku harus maju mundur cantik buat dapetin gambar yang tajem, dan terbantu banget dengan mode burst foto di kamera, cuman ya itu ngabisin memory kalau pake mode burst. Buat foto obyek tidak bergerak sangat bagus, dan dilengkapi dengan macro ring sehingga bisa foto detailnya jika macro ring terpasang.

Supaya lebih maksimal, isonya pas foto sebaiknya tinggi / dilakukan di ruangan dengan lighting cukup sehingga nggak kelihatan banget vignette di ujungnya. Bokehnya jangan ditanya, bagus kok, swirl bokeh gitu, sesuai dengan harga lah, jangan banyak maunya udah lensanya murah kepengen kayak lensa fix mahal hahaha.

Ini hasil foto-foto menggunakan lensa Fujian 35mm ini, semoga lumayan meracuni buat kikir-ers yang eman beli lensa mahal tapi kepengen hasil foto bokeh.







Kesimpulannya fotonya lumayan oke, bokeh dapat. Kalau hanya untuk kebutuhan di medsos ya asik-asik aja, daripada nabung lama beli lensa mahal (nggak salah sih, yang mahal jelas beda), kalau udah ngga bisa nahan birahi kepengen berbokeh ria bolehlah nyoba si Fujian ini.

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

2 comments