Pengalaman Mencoba Mie Korea HALAL - Arirang Instant Noodles dengan 3 Varian Rasa




Demam Korea sepertinya memang nggak sesanter dulu lagi, namun drama dan makanan Korea di Indonesia tuh sudah menjamur, bukan sekedar anget-anget tai ayam wedang jahe lagi.

Aku masih inget, pertama kali kenal K-Music itu tahun 1999 dari group band Fly to the Sky yang muncul di [V]Channel, dan semenjak saat itu aku suka music dan sekali-kali nonton drama Korea. Saat itu makanan Korea susah ditemui, untuk membeli mie instan Korea pun harus nitip secara "handcarry". Jadi jaman itu, sekitar tahun 2000 awal (ketauan deh umur gue) penggemar segala sesuatu yang berbau Korea ngga dimanjakan kayak saat ini, di mana membeli merchandise K-Music, barang-barang produksi Korea, bahkan restoran Korea pun sangat mudah ditemui, apalagi yang tinggal di kota besar. Buat penggemar Korea, nggak afdol rasanya jika belum nyobain mie instan Korea.



Ramyeon (라면) atau mie instan Korea punya karakteristik yang berbeda dengan mie instan yang beredar di Indonesia. Karakter rasanya kebanyakan berbumbu lebih pekat dan pedas, dengan topping sayuran, wijen, atau daging di atasnya. Aku suka makan mie instan Korea karena porsi mie-nya besar, dan mienya gemuk tebal, cocok buat pemakan banyak kayak aku. Dan tiap kali nonton drama Korea, perhatikan deh pasti ada aja adegan pemeran utama makan ramyeon ini. Gemesh!

Mie tebal dan besar



Kali ini aku mencoba mie yang baru saja launching tanggal 10 April di Indonesia, yakni Mie Arirang. Mie Arirang ini merupakan pendatang baru di Indonesia, didistribusikan oleh PT Wicaksana Overseas International Tbk.. Mie instan Arirang ini konon rasanya disesuaikan dengan cita rasa orang Indonesia, dengan konsep dan teknologi Korea, mie ini diproduksi di Indonesia dengan bahan baku campuran, dari import dan lokal, semua bahan baku yang dipakai sudah melalui pemilihan dengan syarat kehalalan MUI.

Kabar baiknya, Mie Arirang ini sudah mengantongi sertifikat HALAL dari MUI, jadi buat yang mau nyobain nggak ragu-ragu lagi karena sudah halal.

3 Varian Rasa Mie Arirang


Mie Arirang ini terdiri dari 3 varian rasa:

1.Noddle Soup Bone Marrow (Kuah Sup Sumsum)

Ini varian yang pertama aku coba dari ketiga rasa Mie Arirang, karena aku ngga doyan pedes, hehehe. Mie rebus ini isinya banyak yang pasti, dengan tekstur mie besar dan kenyal, serta untuk memasaknya menggunakan air sebanyak 500-600ml. Pastinya isinya banyak, dan jangan lupa siapkan mangkuk mie yang berukuran cukup besar (jangan mangkuk hadiah karena ngga bakalan cukup). Kuahnya dilengkapi dengan krim nabati sehingga tekstur kuahnya sendiri mirip dengan cream soup, dengan rasa yang cenderung asin gurih. Tingkat kepedasannya sih menurut aku masih standar ya, ngga pedes-pedes banget yang ini. Enaknya sambelnya itu sambel betulan, bukan pake saos cabe,jadi walaupun sedikit sambelnya lebih enak. Varian ini lebih nikmat dimakan saat masih panas.

Arirang Noodle Soup Bone Marrow

Bumbu ada tambahan krim

Ini hasil jadinya Arirang Noodle Soup Bone Marrow


2. Extra Hot Fried Noddle (Mie Instant Goreng Pedas)

Aku agak ngeri-ngeri sedap nyobain varian yang pedas ini, karena konon pedasnya super banget. Ah, tapi kan Arirang Noodles ini sudah racikan yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia? Sapa tau pedasnya ala-ala sambel bajak gitu ya. Enggak, becanda. Saking takut kepedesan, aku nyobain ini terakhir, setelah mencoba yang ngga pedes duluan. Ternyata, yang pedes ini emang hot hot banget, tapi enak! Bahkan aku yang tidak terlalu suka makan pedes tetep kekeuh mau makan, serius walaupun pedes tapi enak. Recommended banget buat yang kurang tergugah dengan level kepedasan mie instant yang beredar di pasaran. Dan topping wijen plus rumput lautnya bikin rasanya lebih enak.

Arirang Varian Pedas

Selain bumbu, ada tambahan minyak cabe, dan topping wijen serta rumput laut

Arirang Mie Pedas


3. Tasty Chicken Fried Noodle

Pertama nyobain aku langsung teringat pada mie instan yang populer di Indonesia, habis rasanya bisa dibilang cukup mirip, dengan tekstur mie yang gemuk, otomatis makan ini jadi pas kenyangnya. Varian tasty chicken fried noodle ini porsinya cukup banyak dengan berat bersih 130gram sebelum dimasak. Bumbunya berisi kecap manis yang sudah mix dengan minyak, bumbu kering, cabe, dan bawang goreng. Cara masaknya sama seperti mie instan goreng biasa, dengan cara direbus selama 5-6 menit lalu tiriskan dan campur dengan bumbunya yang sudah dituang di piring. Ini merupakan favorit aku karena bisa dimakan kapan saja, dan ngga perlu makan dalam kondisi panas tetep enak, serta porsi kenyangnya itu yang paling asik, serta rasa favorit aku yakni manis gurih (aku doyan makanan manis soalnya).

Arirang Mie Goreng Ayam

Dilengkapi dengan bawang goreng

Arirang Mie Goreng Ayam


Punya 3 rasa yang bisa dibilang tidak mirip, buat aku ini menarik, karena jadi nggak gampang bosen, dan juga bisa dimakan bareng sama anak-anak (ada varian yang tidak pedas).

Final Thought
Setelah mencoba ketiga rasanya, favorit aku adalah Mie Arirang yang rasa tasty chicken, karena ngga pedas, dan rasanya mirip mie goreng biasa, cenderung manis gurih. Untuk varian ini, aku makan 1 bungkus aja rasanya emang masih kayak bisa nambah lagi, soalnya makanku banyak kalo gorengan yang asin gurih tuh. Nah, yang varian ini juga kalo ngga dipakein cabe juga bisa jadi makanan buat anak-anak pas lagi ngga ada lauk.
Favorit kedua adalah yang varian pedes, karena rasa pedesnya asik, berasa Indonesia banget, dan bikin ketagihan.

Plus Minus
+ HALAL. Mie Arirang ini sudah bersertifikat halal MUI, jadi teman-teman yang Muslim tidak perlu khawatir lagi saat membelinya.
+ Harganya murah, hanya Rp 10.000an saja!
+ Porsinya kenyang, nggak nanggung.
+ Kualitas ngga kalah sama mie Korea lain, tetep enak, dan kenapa bisa murah karena mie ini diproduksi di Indonesia dengan teknologi Korea, jadi otomatis biaya produksinya lebih murah.

- Distribusi yang belum merata, jadi sabar tungguin ya!

Buat yang mau membeli Mie Arirang, sekarang sudah tersedia di supermarket di Jabodetabek, antara lain:
Hari Hari Duta Harapan Indah,
Hari Hari Roxy,
Hari Hari Kalideres,
Farmers Kelapa gading,
Farmers Serpong,
Farmers Bintaro,
Farmers Grand Metropolitan Mall,
Farmers Grand Galaxy,
LULU hypermarket
Diamond Artha Gading

Buat yang tinggal di luar Jabodetabek bisa membelinya lewat e-commerce berikut:

Atau bisa pesan lewat socmednya Arirang, jangan lupa untuk like dan follow karena mereka sering ngadain giveaway di sana.


#KoreanNoodles #KoreanNoodle #MiePedasArirang #MieKorea #MieKoreaHalal

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

71 comments

  1. Enak semua, tapi paling suka sama yg hot hot

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku awalnya juga sempat takut nyobain yang hot hot, ternyata sekarang jadi doyan yang hot enak banget, nagih

      Delete
  2. Cocok buat aku jugaaak mie-nya gemuk dan tebal haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku kalo makan mie yang tipis2 soalnya harus makan 2 bungkus

      Delete
  3. Replies
    1. aku juga udah laper nih mbak, pengen makan lagi hehehe

      Delete
  4. Bener, porsinya pas jadi nggak perlu bikin 2 bungkus sekaligus. Enak pula beugh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngga usah guilty makan 2 bungkus, 1 aja udah kenyang

      Delete
  5. Ngenyangin porsinya, enak rasanya, Halal pula. Lengkap nikmatnya.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. iya nih udah pengen stok lagi yang banyak, soalnya enak

      Delete
  7. kenyangnya pas kalo makan mie arirang :)

    ReplyDelete
  8. duh liat ini jadi ngiler kaaan wkwkwk waktunya makan siang pakai mie arirang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau makan siang atau malem cocok ya, porsinya kenyang

      Delete
  9. keluargaku penggemar mie korea nih..makanya senang ada arirang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu rumah happy nih ada arirang, harganya bersahabat dan rasanya enak

      Delete
  10. iya sih kalau mangkok hadiah suka kecil-kecil hehehe. PAs banget nih porsi mie Arirang buat saya. Rasanya pun enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya suka pakai mangkok yang ukuran lebih besar hehehe

      Delete
  11. Gak cukup sebungkusssas..
    Mau lagi dan lagiii..

    ReplyDelete
  12. Mie nya itu soft ya mba? Dan setelah dimasak mekarnya juga padat. Udah enak, halal terjangkau pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mienya padet, berisi, berasa. manteb banget deh

      Delete
  13. Pedesnya berasa di lidah gw. Soalnya yang suka nggak berasa pedes..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya terbukti bukan hanya ngaku pedes tapi ngga kerasa ya

      Delete
  14. Siang hari jalan-jalan ke sini eh jadi lapar, mba. Aku udah pesan lagi loh Arirangnya. Hehhee

    ReplyDelete
  15. Semuanya emang enyak rasanya, tapi my fav tetep yng extra hot hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kayaknya aku bakalan berpaling dari chicken ke hottt

      Delete
  16. Aku udah beberapa kali coba mie Korea, dan buat aku yg paling enak dan pas di lidah dan hati cuma Arirang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya M, ini beneran enak dan harganya pas banget

      Delete
  17. Yeaay, aku happy banget pas tahu ada mie korea yang halal dari Arirang. Udah gitu enak pula rasanya. Satu bungkus pas banget untuk porsi aku. Hehehe.

    ReplyDelete
  18. Hastagaaah lafar maaak, makan ini tu sampe siang masih kenyang tau nggak

    ReplyDelete
  19. Enak semua! Aku suka yang xtra hot krn ada wangi2 daun jeruknya juga. Enaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada wangi jeruk ya? aku ngga perhatiin pas makan kepedesan, tapi doyannnn

      Delete
  20. Enaknya pake banget dan ketiganya suka banget

    ReplyDelete
  21. Ketiganya enak2 ini dan yang super pedas yang paling enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedesnya kerasa, cocok buat yang demen challenge2 tuh

      Delete
  22. Pengen lagiiii. Aku suka yg soupnyaaa, enyaaakk. Rasa sumsumnya brasaa

    ReplyDelete
  23. Iya harganya cukup murah cuma 10 rb tpi porsinya buanyaaaakk :D

    ReplyDelete
  24. Kalau udah halal, gak ragu lagi deh makan 2 porsi hahaha

    ReplyDelete
  25. suka banget sama yang pedasnya cuma sayang gak ada mie kuahnya, yang pedas cuma mie gorengnya aja.. hhe

    ReplyDelete
  26. Pokoknya abis makan ini semangat kembali haha soalnya enak bkin mood baik. apalagi yg kuah mamanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kuah enak banget dimakan pas jam jam 3 gitu buat temen coffee break

      Delete
  27. Duhhh aku pengeennnn. Ini asli enakk bangeett. Ayam bawangnya enak bangettt

    ReplyDelete
  28. Porsinya pas nih. Bikin kenyang tapi ga bikin eneg :D

    ReplyDelete
  29. ahh pengen banget nyoba rameyon korea ini, apalagi sudah halal..

    ReplyDelete