Review Faber Castell Colour To Life

Dibandingkan menulis, sebenarnya saya pribadi lebih suka menggambar, termasuk mewarnai, melukis, baik di media konvensional maupun di media digital. Menggambar dan mewarnai ini merupakan aktivitas yang menyenangkan, bahkan terkadang membuat lupa diri karena terlalu seru sekali melakukanya. Untuk memulainya juga sangat sederhana, hanya dengan selembar kertas dan pensil atau pulpen, bisa dilakukan di mana saja.

Menunggu pecel lele matang? Menggambar.
Menunggu orderan makanan online? Bisa sambil menggambar.
Terjebak macet (di mobil)? Ya menggambar juga.

Mudah, praktis, dan hemat energi. Energi yang bisa dihemat salah satunya adalah baterai ponsel jika kita menggunakan media konvensional.

Selain menyenangkan, menggambar itu juga punya manfaat kesehatan yang luar biasa, antara lain:
1. Meningkatkan kreativitas
Bicara kreativitas ini luas, dan biasanya orang yang kreatif ini punya lebih banyak solusi untuk memecahkan masalah. Buat menghadapi anak-anak, tidak pernah saya mati gaya karena ke mana-mana selalu bawa notebook, buat saya menggambar, dan anak-anak juga bisa menggunakannya. Jadi tidak selalu harus mengandalkan gadget.

2. Meningkatkan memori
Ini sekaligus menjawab mengapa sekolah itu masih menggunakan media tulis, bukannya online? Ya kalau ditulis, digambar, dicoret-coret, materi menjadi lebih mudah dihafalkan. Begitu pula dengan menggambar membuat otak lebih terlatih, baik buat orang dewasa maupun anak-anak.

3. Menghilangkan stress
Ini sih paling tepat di saya, bisa sekalian me time di sela-sela kesibukan bersama anak-anak. Seharian di rumah urus anak dan kerjaan, ternyata bisa stress juga, penyaluran paling asyik ya menggambar. Apalagi kalau hasilnya bagus itu jadi kepuasan tersendiri.

Dengan kata lain, menggambar dan mewarnai itu penyaluran paling mudah menghadapi stress baik untuk orang dewasa maupun anak, jadi kebiasaan menggambar itu bagus banget, selain itu juga membentuk pribadi yang kreatif dan solutif terhadap masalah.


Nah, di postingan kali ini saya berkesempatan mencoba buku mewarnai yang sepaket dengan tools-nya, yakni Faber Castell Colour to Life. Faber Castell Colour to Life ini merupakan buku aktivitas mewarnai sebanyak 15 halaman Augmented Reality berikut 20 warna Connector Pens. Berhubung mewarnai dan menggambar ini banyak sekali manfaatnya, maka mencoba buku mewarnai Faber Castell ini wajib banget, apalagi ini bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah. Ya hitung-hitung menjauhkan anak-anak dari gadget ya.

Sebagai pengguna Faber Castell semenjak saya di sekolah, saya sih senang sekali bisa mencoba produk yang baru launching di bulan April ini.

Apa bedanya dengan buku mewarnai biasa? Bagus tidak sih?

Ini isinya pada saat dibuka, ukurannya kira-kira A5 jadi mewarnainya juga nggak terlalu capek.


Buku mewarnai + connector pen + tutorial. Paket lengkap!

Packaging
Pertama kali melihat kemasannya, saya suka karena gambarnya informatif, dan lengkap dengan QR Code download aplikasinya. Di bagian depan sudah tertera cara penggunaannya, yakni setelah diwanai nanti bisa di-scan dengan aplikasi dan karakter yang diwarnai akan "muncul" di hp, bisa buat main game dan selfie.


20 warna connector pen

Ini isinya dari halaman pertama, masih belum diwarnai

Kemasannya sendiri terbuat dari kertas yang cukup tebal dan di bagian belakangnya terdapat list games yang bisa dimainkan setelah kita scan karakter di aplikasinya.

Isinya Apa Saja?
Di dalamnya terdiri dari satu buah buku mewarnai setebal 15 lembar dengan standar kertas gambar dan lengkap dengan 20 connector pen serta leaflet kecil berisi tutorial cara coloring dengan menggunakan connector pen ini.



Connector pen apaan sih?
Jadi kata lainnya, connector pen ini spidol yang tutupnya bisa ditempelkan. Menurut saya performanya cukup bagus, cuman memang ada beberapa warna yang tidak representatif dengan kemasannya, jadi saran saya pada saat coloring mendingan sedia kertas kosong satu untuk test warna. Berbeda dengan menggambar digital, menggunakan media konvensional ini tidak bisa undo jika salah, jadi untuk mendapatkan hasil maksimal jika belum pernah mewarnai dengan connector pen, ada baiknya test dulu.




Connector pen ini tutupnya bisa disambungkan dengan lainnya, jadi unik gitu deh bentuknya.


Buat saya pribadi, yang paling menarik ya bagian mewarnainya, karena berbeda dengan menggunakan pensill warna, mewarnai dengan connector pen ini lebih menantang. Oh iya, di dalamnya ada leaflet kecil yang isinya tutorial, ini berguna sekali karena saya bisa mempraktekkan isinya dan cara-cara mewarnainya. Jadi jangan dibuang ya!


Awalnya, saya sendiri, agak kesulitan jika harus mewarnai, karena dulu profesi saya sebagai ilustrator lebih banyak ke gambar, penciller dan lineart. Coloringnya yang sebagian besar digital dikerjakan oleh team, jadi ya pengetahuan coloring saya sebetulnya masih terbatas.

Nah, buat yang sudah mencoba Faber Castell Colour To Life ini, atau baru mau membeli, saya mau berbagi tips untuk mewarnainya, biar semakin asik
1. Jika melakukannya bersama anak, pastikan anak diberikan penjelasan terlebih dahulu bagaimana cara mewarnainya. Jika perlu, seperti yang sudah saya sebutkan tadi, sediakan kertas kosong, biarkan anak bereksperimen terlebih dahulu sebelum mulai mewarnai.

2. Mewarnai itu bagian paling melelahkan adalah mewarnai background. Jadi biarkan anak mewarnai bagian yang kecil, sedangkan kita sebagai orang tua mewarnai background-nya. Nah, kalau yang mewarnai sendiri, kerjakan bagian background dulu, baru masuk ke detailnya.

3. Jangan ragu untuk test warna. Beberapa warna tidak keluar sesuai ekspektasi, namun pada saat diaplikasikan ya semuanya tetap bagus. Jangan ragu untuk mencampur warna.

4. Connector pen adalah media pewarnaan basah, dan warnanya akan menebal jika dioleskan berulang. Untuk menghindari pewarnaan terlalu tebal, biarkan warnanya kering dahulu, baru ditimpa dengan warna lain. Nanti hasilnya bisa lebih bagus.

5. Kalau masih bingung tinggal mewarnai seperti di leaflet, ada tutorialnya lengkap.

Ini hasilnya yang saya warnai dari karakter pertama, background semua saya yang coloring, anak tinggal mewarnai yang detail kecil-kecil

Ini yang karakter kelima



Untuk bagian frame jangan diwarnai

Setelah selesai diwarnai, tinggal download aplikasi Colour to Life dari ponsel dan scan karakter yang sudah diwarnai, nanti akan muncul 3D-nya di layar hp. Bagian ini yang saya suka, jika biasanya augmented reality ini tidak membaca warna, Colour to Life ini bisa men-scan warna. Bisa dilihat hasilnya, di pesawat saya sengaja mewarnai dengan motif, dan hasil scannya sama muncul warna tersebut. (Jika di-scan pada saat belum diwarnai nanti hasilnya akan greyscale / hitam putih)



Ini tampilan aplikasinya nanti

Kita tinggal pilih mau karakter mana



Ini karakter kelima yang saya warnai, terlihat motif yang saya gambar sama persis dengan hasil scan


Gamesnya, tinggal di tap-tap nanti pesawatnya bisa naik dan mengumpulkan score.


Setelah 3D karakternya muncul, bisa main game dengan karakter tersebut atau buat selfie-selfie juga lucu.

Gamesnya ada beberapa yang bisa dimainkan:
1. Giddy Up
2. Pogo Boy
3. Dress-Up Challenge
4. Balance Your Brain
5. Safe Flight!

Saya sendiri mewarnai karakter pertama (kuda), dan karakter pesawat, jadi bisa mencoba game no 1 dan no 5.

Tidak ketinggalan hasil selfie bersama salah satu karakter


Menurut saya ini bagus banget, apalagi scan-nya bisa membaca warna, jadi tidak sia-sia mewarnai dengan banyak detail karena langsung keluar sesuai warnanya.

Anak saya juga senang mewarnai ini walaupun hanya mengisi detail yang kecil-kecil saja, selebihnya itu saya yang coloring hehe. Dengan adanya buku mewarnai yang memadukan teknologi dan kreatifitas ini kegiatan mewarnai jadi lebih menyenangkan, juga bisa dilakukan baik sendiri maupun bersama anak-anak di rumah.


Nah selesai mewarnai, adik Hannah bisa bantu merapikan connector pen-nya

Lagi dirapikan nih sama Hannah






Yang saya suka:
1. Bidang mewarnainya pas tidak terlalu besar
2. Connector pen isinya banyak
3. Hasil augmented reality persis seperti yang sudah diwarnai
4. Games-nya bagus dan menarik
5. Kertas tebal tidak mudah koyak terkena pen

Harga sekitar Rp 100.000 bisa dibeli online di tokopedia, bukalapak, dan toko buku



See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

21 comments

  1. Dari kecil aku paling ga bisa mewarnai ci, apalagi nggambar, aduh, ga bisa sama sekali hahaha

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha yang penting tekun aja nanti lama2 kelar kalau mewarnai

      Delete
  2. bukan hanya anak - anak yang suka mainin ini, saya juga ibu - ibu suka banget hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener emaknya juga suka nih hahaha, malah berrebut

      Delete
  3. Ini sih saya juga tertarik beli, pengen sayanya aja yang mewarnai juga. Hihi, menarik buat anak-anak pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemarin saya liat boothnya di gramedia. Harganya 129rb

      Delete
  4. Pernah dicurhatin temen yang suka insomnia dan workaholic. Dia akhirnya dikasih tahu seorang psikolog untuk mewarnai sebelum tidur. Mungkin kaitannya seperti yang dirimu cerita ya Bun. Kalau mewarnai itu bisa meredakan stres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya menggambar dan mewarnai itu jadi salah satu aspek pereda stress

      Delete
  5. Aku juga suka mewarnai apalagi kadang rebutan ama anak juga, ini solusi juga buat main aplikasi tapi berjuang dulu mewarnai, hahaha

    ReplyDelete
  6. Wow, hasil mewarnainya bagus banget, keren ya inovasi dari faber castel, aktivitas seru dan asyik main games dari karakte favorit yang diwarnai

    ReplyDelete
  7. bagus ya inovasinya...mewarnai jadi seruuu

    ReplyDelete
  8. mewarnai jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan. bisa dilakukan bareng anak. dan inovasi aplikasi dari faber castell ini seu banget ya..

    ReplyDelete
  9. Anak anak bisa, dewasa juga oke ya main beginian. Seru. Baru kali ini aku nemu yang begini. Anakku jadi kreatif

    ReplyDelete
  10. Bener banget Mba, salah satu manfaat menggambar adalah untuk menghilangkan stres. Kadang saya kalau lagi stress, nyoret-nyoret kertas dan gambar apa aja. Hehe

    ReplyDelete
  11. Jadi selain anaknya suka, emaknya juga suka. anak anak bebas berkreasi dan nemuin maenan baru. gambarnya bisa 3 dimensi dan anak terpacu buat berkreasi, asik bener sih ini

    ReplyDelete
  12. Aku bbrapa bulan lalu beli buat wikan tp akhirnya malah aku yg pake enak nih dipakeknya bs buat semua kalangan usia

    ReplyDelete
  13. Wah coba ah buat Giri heheh kebetulan lagi cari alat warna gini ci..

    ReplyDelete
  14. Nov waktu Grocery shopping hampir mau beli ini. Mayan buat iseng. Coba ah entar jadiin beli. Hehehe.

    ReplyDelete
  15. Ming xia dapat ini dari goodie bag teman sekolahnya, dan beneran seru ya :)

    ReplyDelete
  16. wah ini anak aku suka juga nov. .senengnya dia ga berantakan karena bisa digabung gabung

    ReplyDelete