Menjaga Kesehatan Padahal Gaya Hidup Buruk

Di postingan ini saya sekali-kali ingin ngobrol santai, dan memang benar, yang punya gaya hidup buruk itu saya. Tinggal di kota Jakarta dengan segala hiruk pikuknya, memang jauh berbeda dengan tinggal di kota kecil. Sebut saja saya punya grup whatssap yang isinya teman-teman SD, dari hasil percakapan kami saya simpulkan kalau saya paling banyak duduk dan diam di rumah, tepatnya di apartemen.

Wah kurang sehat dong? Iya, jika dibandingkan yang hidupnya di kota lain. Pertama, paparan polusi di Jakarta yang tinggi menurut website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di daerah saya Jakarta Pusat termasuk yang mengalami polusi udara sedang. Polusi udara  sendiri merupakan suatu kondisi dimana udara yang ada di sekitar ini dicemari oleh bahan- bahan kimia, zat atau partikel yang bersifat negatif, atau bahan biologis lainnya yang  bersifat membahayakan manusia maupun makhluk hidup lainnya. Itu baru cek polusi dari satu sumber, sedangkan pengecekan dari aplikasi biasanya menyatakan bahwa angka polusi di Jakarta lebih mengerikan lagi.

Kedua, walaupun aktif tetap saja cenderung kurang sehat, karena aktivitas yang sedemikian banyak membuat saya jarang sekali berolahraga. Ya ada sih olahraga sedikit-sedikit itu mengerjakan pekerjaan rumah, tapi tetap saja berbeda dengan olahraga betulan. Kurangnya aktivitas fisik menyebabkan mudahnya terkena stress.

Ketiga adalah gaya hidup tidak sehat. Jujur saja, untuk membatasi diri saya mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat itu sangat sulit. Sampai detik ini, saya tidak bisa lepas dari junk food, makanan instan, dan minuman beralhohol, memang sih tidak dalam jumlah berlebihan namun tetap saja ada asupan kurang baik yang masuk ke dalam tubuh.

Ketiga hal di atas menyebabkan zat-zat tidak baik masuk ke dalam tubuh. Bagaimana kita tahu bahwa zat-zat tidak baik masuk ke dalam tubuh? Berikut adalah ciri-ciri dari zat-zat tidak baik yang memapari tubuh kita:
1. Gangguan kesehatan kulit, sehingga kulit nampak kusam, tidak elastis, terjadi penuaan dini, dan flek hitam.
2. Udara yang tidak bersih menyebabkan gangguan pernapasan.
3. Mudah batuk dan pilek, dan terserang flu.
4. Mudah sakit terkena perubahan cuaca.
5. Mood swinging, kondisi di mana stress menyerang dan menyebabkan perubahan mood dengan drastis sehingga mengganggu kinerja dan produktivitas.

Hal-hal di atas merupakan ciri-ciri banyaknya zat tidak baik masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan gangguan baik secara kasat mata  (kulit) sampai stress yang menyerang sehingga mengganggu kinerja. Jika dibiarkan berlarut-larut, ya gawat sih akibatnya.

Nah, di postingan ini saya sedikit mau share, khususnya buat kehidupan yang aktif supaya bisa meng-handle zat-zat yang tidak baik akibat stress, polusi dan gaya hidup tidak sehat tadi.

Ada beberapa hal, yang biasanya saya lakukan untuk meminimalisir efek stress, gaya hidup buruk dan polusi tersebut, antara lain:

1. Menggunakan masker di luar rumah untuk mengurangi efek buruk polusi
Ini adalah cara yang sangat efektif dan murah karena menggunakan masker otomatis mengurangi debu di wajah, sehingga kulit juga lebih terlindung minimal dari debu di jalan.

2. Investasi pada perawatan kulit yang bagus
Ini sih relatif, tergantung kebutuhan, namun saya memang karena sudah berusia lumayan senior jadi fokus ke perawatan kulit. Minimal supaya penuaan tidak terlalu cepat. Menjadi tua itu pasti, namun kulit yang dirawat ya otomatis jadi lebih bagus, daripada dibiarkan saja.

3. Mencari pekerjaan sesuai hobi
Stress itu bisa datang dari mana saja, salah satunya pekerjaan. Menjadi ibu rumah tangga aktif bukan berarti fulltime mengurus rumah, namun juga mengerjakan apa yang saya sukai. Aktif di blog salah satu hobi yang saya jadikan profesi.

4. Mengimbangi gaya hidup dengan makanan yang bergizi
Makan junk food, makanan instan, dan minuman alkohol memang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan, namun untuk berhenti juga susah sekali buat saya. Alhasil mau tidak mau, saat tidak menyantap makanan dan minuman yang mengandung zat tidak baik, ya saya paksakan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

5. Membuang toksin tubuh dengan madu lemon
Saya sadur dari salah satu artikel kesehatan, ini manfaat minum madu dan lemon setiap hari
1. Baik untuk Kulit
Vitamin C dalam lemon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun kolagen agar kulit tetap terawat dan tampak lebih muda. Madu memiliki banyak senyawa yang membantu melembabkan kulit dari dalam.

2. Melancarkan Pencernaan
Masalah pencernaan seperti kembung, mules dan sembelit merupakan masalah yang cukup serius. Minum lemon dan madu adalah salah satu obat paling sederhana. Lemon kaya akan pektin yang berfungsi seperti scrubber di dalam usus. Membantu membersihkan dan mendorong kotoran dalam tubuh secara efektif.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian di dunia dan merupakan ancaman utama bagi kesehatan manusia. Jangan khawatir, karena ramuan sederhana madu dan lemon ini bisa membantu mencegah penyakit tersebut. Karena lemon dan madu kaya akan kalium bisa menurunkan kadar tekanan darah dan mencegah resiko serangan jantung. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi dari lemon dan madu, membantu melindungi otot jantung dari peradangan.

4. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kurang tidur, stres, dan diet yang buruk bisa mendatangkan penyakit yang cukup serius bagi tubuh Anda. Vitamin C pada lemon dan kekayaan mineral dalam madu, membantu memperkuat kekebalan tubuh dan melawan bakteri yang menyerang tubuh. Madu juga memiliki sifat antimikroba alami untuk menjaga Anda tetap sehat.

5. Menghilangkan Racun Tubuh
Udara yang kita hirup, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, terkadang sudah terkena berbagai macam jenis bahan kimua dan racun. Pada umumnya tubuh kita sudah memiliki pertahanan alami. Tapi, ada baiknya jika memberikan pertahanan dari luar. Lemon dan madu dapat meningkatkan fungsi hati untuk membantu detoksifikasi tubuh.

Nah, ngobrolin minum lemon madu itu biasanya rutin saya minum kalau tidak di pagi ya siang hari karena selain rasanya enak, juga manfaatnya sangat banyak. Namun sayangnya untuk membuat minuman lemon madu ini seringkali saya absen, karena tidak sempat, apalagi belakangan urusan rumah tangga saya kerjakan sendiri karena ART saya mendadak drama, tidak masuk berhari-hari. Alhasil, ya minumnya bolong-bolong.

Terus beberapa waktu yang lalu saya mencoba dong minuman baru dari Pokka, yaitu Natsbee Honey Lemon. Minuman rasa lemon dan madu ini ternyata sudah ada lumayan lama di mall, cuman memang saya kurang update baru sempat mencobanya.




Buat saya yang tidak sempat membuat sendiri madu lemon, Pokka Natsbee ini membantu banget buat yang suka minuman lemon madu namun tidak sempat membuatnya sendiri. Hadir dalam kemasan 450ml, isinya cukup banyak ya, dengan kandungan vitamin C.




Rasanya sih menurut saya enak, dan lebih soft dibandingkan lemon madu buatan sendiri. Overall ya saya suka karena rasanya enak, malah kadang bisa rebutan minum ini sama anak-anak.







Jadi itu sekelumit cerita saya meminimalisir efek gaya hidup buruk yang diperparah dengan polusi dan stress. Semoga postingan ini berguna dan menginspirasi.





See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

No comments

Post a Comment