Meninggalkan Milk Cleanser dan Beralih ke Pembersih Berbahan Dasar Air

Beberapa waktu yang lalu, mamah aku datang, dan menanyakan apakah aku punya milk cleanser. Beliau terkejut ketika aku bilang sudah lama meninggalkan milk cleanser, yang notabene murah, dan menjadi andalan aku selama bertahun-tahun silam. 

Aku menunjukkan ke mamah aku, beberapa pembersih yang aku gunakan saat ini, kebanyakan berbahan dasar air. Buat aku yang setia menggunakan pembersih berbahan dasar non-air tadinya, ada beberapa alasan kenapa sekarang (sudah setahun belakangan sih) aku beralin ke pembersih berbahan dasar air, alias micellar water ini.

Tentang Micellar Water
Merupakan produk dengan kandungan misel, yaitu molekul-molekul minyak berukuran kecil yang tersimpan di dalam air. Konsep ini sebenarnya bukanlah konsep baru dan bekerja mirip seperti sabun dan deterjen. Karena air saja tidak cukup untuk mengangkat kotoran dan minyak pada wajah. Misel yang mengandung air sekaligus minyak, dan partikel sabun inilah yang mampu mengangkat kotoran, debu, dan sisa makeup yang menempel pada wajah tanpa perlu dibilas. Beberapa produk micellar water saat digosokkan dengan keras baru akan terlihat busa sabunnya.

Cara Penggunaan 
Gunakan micellar water di pagi (optional) dan malam hari. Tuangkan micellar water hingga membasahi seluruh kapas, kemudian usapkan pada seluruh wajah hingga bersih. Untuk membersihkan makeup waterproof bisa dilakukan dengan mengompres area yang ingin dibersihkan terlebih dahulu, baru kemudian diusap dengan lembut. Jangan sampai masuk ke mata (walaupun produk yang aku sebutin ntar di sini pernah ngga sengaja masuk mata, tapi ngga bikin iritasi. Teteup, jangan sampe masuk ke mata!)

Kenapa sampai saat ini aku jadi beralih ke micellar water?

1. Kemampuan membersihkan
Yang paling pertama tentu saja performa produknya sendiri. Contoh, salah satu favorit aku saat ini adalah L'oreal Micellar Water. Selain Loreal, aku biasa pakai Bioderma, kemampuannya ngga kalah hebat, bahkan Biorderma ini yang pertama terkenal sebagai pionir micellar water. Nggak hanya daily makeup, waterproof makeup pun tuntas. Untuk makeup pesta, biasanya aku bersihinnya sampe beberapa layer, dan ngga bikin kulit iritasi walaupun berkali-kali.


L'oreal Micellar Water, ada 2 varian.


Stok Bioderma aku di rumah


2. Perusahaan pembuat produk
Produk yang sudah established, biasanya memang kelihatannya mahal, padahal mah enggak. Tapi ketersediaan produknya dijamin continue, dibandingkan, sebut saja produk home made, dan produk perusahaan MLM. Secara ketersediaan sih ngga perlu pusing, karena di drugstores banyak banget, hampir setiap mall, kota ada. Mungkin memang ngga sampe di kota-kota kecil, tapi jangan khawatir, sekarang semua bisa dibeli secara online dengan mudah, bahkan gratis ongkir. Ngga takut suatu saat barangnya akan berhenti diproduksi karena yang kita pakai itu barang sejuta umat.


3. Hemat biaya
Mungkin yang terlintas, dari mana bisa hemat biaya padahal harga produknya kelihatannya mahal?
Sebutlah L'oreal seharga Rp 129.000 mendapatkan isi sebanyak 250 ml, atau Bioderma seharga seratus ribuan juga. Mari kita berhtung, seandainya sekali pemakaian sebesar 3 ml, maka 250 ml ini akan bertahan selama 83 hari (atau mungkin lebih buat yang jarang menggunakan makeup). Jika produk habis dalam 3 bulan, maka per bulan hanya menghabiskan sekitar 40ribuan saja untuk pembersih makeup. Buat yang jarang pakai makeup, nyetok produk berbahan dasar air ini jauh lebih hemat dibandingkan, contoh milk cleanser yang dalam beberapa bulan, jika tidak dipakai, berubah konsistensi produknya.

Letak hematnya adalah, produk pembersih muka berbahan micellar ini ngga bikin iritasi, atau jerawat di wajahku. Karena timbulnya jerawat sendiri membuat biaya perawatan wajah jadi membengkak, dan harus switching skincare yang selama ini sudah cocok. Uch!

4. Praktis
Buat pengguna makeup ringan cukup sekali swipe saja sudah terangkat. Makeup berat? Aku rekomendasikan double cleansing supaya lebih maksimal, apalagi buat yang wajahnya gampang jerawatan.

5. Multifungsi
Selain buat membersihkan makeup, produk ini juga bisa membersihkan yang lain. Aku pernah membahasnya di postingan sebelum ini.

Baca: Micellar Water Hacks

Nah, buat yang nanya di mana beli produknya, langganan aku sih saat ini di Sociolla, range produknya lengkap dan sering banget diskon. Bahkan free ongkir seluruh Indonesia dengan pembelian tertentu. Khusus buat readers blog aku, aku punya voucher diskon Rp 50.000 yang bisa dipergunakan di Sociolla dengan pembelanjaan minimal Rp 250.000. Lumayan banget kan?

Ini kode vouchernya  SBNLAC4E Thank you for reading!



See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

No comments

Post a Comment