5 Manfaat Kegiatan di Luar Rumah Bersama Anak

Belakangan karena masih suasana libur, saya jadi lebih suka eksplorasi kegiatan di luar rumah bersama si kecil. Bergerak bersama si kecil ini banyak manfaatnya, dari awalnya yang saya berencana menjauhkan mereka dari gadget, ternyata malah ketagihan main di luar.

Terus ngomong-ngomong apa saja sih manfaat kegiatan di luar rumah untuk anak?



1. Meningkatkan kemampuan sosial
Mengajak anak bermain di luar rumah meningkatkan kemampuan sosial anak. Anak tidak hanya akan bertemu dengan teman sebayanya, namun juga dari berbagai usia. Saat bermain mereka akan belajar untuk antre atau bergantian bermain sesuatu.

2. Membantu pertumbuhan tulang
Bermain di luar rumah membuat anak terkena langsung sinar matahari sehingga dapat meningkatan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Bermain di luar rumah selama 10-15 menit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi pertumbuhan tulangnya.

3. Memiliki penglihatan yang lebih baik
Sebuah penelitian dari Optomery dan Vision Science menemukan bahwa anak-anak yang banyak menghabiskan waktu di luar memiliki penglihatan yang lebih baik daripada anak yang bermain di dalam ruangan. Singkatnya, jika anak terlatih melihat di luar ruangan, mata memiliki risiko minus lebih rendah karena lebih banyak melihat jarak jauh dibandingkan jarak dekat. Dan ini memang terbukti karena salah satu terapi untuk melatih mata (saya) supaya tidak nambah minus adalah dengan melihat jarak jauh.

4. Memperbaiki mood dan mengatasi stres
Saat bermain di luar, paparan sinar matahari mengaktifkan kelenjar pineal yang mendorong otak menghasilkan serotonin yang dapat membuat suasana hati menjadi bahagia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas di luar ruangan dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stres.

5. Merangsang kreativitas
Saat anak-anak bermain di luar, mereka akan belajar untuk memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitarnya untuk bermain. Permainan pun dapat beraneka ragam, tergantung kemampuan kognitif dan emosional anak. Anak-anak yang bermain di luar juga akan semakin kaya pemikiran bebas, penuh inisiatif, tidak takut mengambil risiko dan terampil memecahkan masalah.

Sumber: doktersehat


Berkaca dari manfaat tersebut, saya jadi lebih senang mengajak anak-anak main di luar rumah, apalagi di apartemen juga ada playground. Terus apa saja yang perlu disiapkan selama bermain di luar rumah?
1. Air minum
Banyaknya kegiatan, apalagi jika hari panas, akan membuat haus sehingga wajib banget selalu membawa air minum di dalam tas.

2. Snack
Ini opsional, karena biasanya saya tidak terlalu sempat menyiapkan. Kalau sempat, biasanya saya bawakan buah.

3. Susu
Saya pribadi lebih suka membawakan susu karena gampang dibeli dan disiapkan serta nutrisinya juga lengkap. Untuk susu saya kasih anak-anak Indomilk UHT full cream yang bebas gula dan bervitamin lengkap.

Alasan Memilih UHT Indomilk Full Cream
Full cream
Saya pribadi selalu memilih rasa full cream untuk anak-anak, juga buat saya sendiri karena biasanya rasa full cream ini plain, tidak bikin bosan. Walaupun ini full cream, tapi setelah saya sendiri mencoba ternyata enak juga, pantesan anak-anak menyukainya.

Tinggi vitamin dan mineral
Karena ini berbentuk UHT nutrisinya jadi lengkap, termasuk mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Sedangkan mineral itu antara lain kalium, zat besi, fosfor, yang juga berperan penting dalam menunjang pertumbuhan anak.

Bebas Gula dengan nutrisi lengkap
Jadi nggak khawatir kelebihan gula ya buat anak-anak.



Terus gimana sih caranya atur waktu bermain di luar rumah bersama anak? Buat saya sih yang penting kondisinya anak-anak sudah selesai sekolah, dan mengerjakan pekerjaan rumah, serta sudah makan. Biasanya main di luar itu sebelum mandi sore jadi selesai main bisa langsung mandi di rumah. Karena Indomilk UHT Kids Full Cream ukurannya 115ml jadi praktis dan mudah aku bawa ke mana-mana bahkan saat main di luar rumah.







Kalau Hannah sukanya main di playground, kebetulan ada perosotan sederhana di rumah sehingga saya juga mengawasinya lebih mudah, sambil foto-fotoin kegiatannya.

Nah kira-kira itu kegiatan di luar rumah yang kelihatannya simple tapi bermanfaat buat anak, juga buat saya.

#IndomilkUHTKidsFullCream #AktifItuSehat






See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

No comments

Post a Comment