Pengalaman Berbelanja Groceries Online di Happyfresh + Voucher Giveaway



Halo!

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap datangnya bulan puasa pasti suhu udara tuh jadi panas, seakan-akan ini nih cobaannya buat yang berpuasa (yang tabah ya gaes!), dan gue yang nggak ikutan puasa jadi kena imbasnya. Imbasnya nggak lain dan nggak bukan adalah MAGER alias males gerak, ditambah lagi gue tinggal di apartemen, lengkaplah sudah kemalasan gue untuk bergerak. Jangan ditiru pliss.

Sayang sekali semalas-malasnya gue gerak, life must go on.

Gue tetep harus anter jemput anak sekolah.
Gue tetep harus belanja sayuran.
Gue tetep harus masak.
Gue tetep harus kerjain online shop.
Gue tetep harus pantau orderan customer.
Gue tetep harus supervisi karyawan gue.
Ke depannya bakalan lebih banyak kerjaan karena gue lagi mau mulai startup gue.

Rasanya sih, kalau bisa, gue mau membelah diri saja. Sayangnya nggak bisa, jadi yaaa ada beberapa hal yang gue bikin gampang aja, biar nggak ribet, kayak antar kemput anak sekolah walaupun gue nggak bisa naik motor dan mobil padahal punya, ya gue naik ojek online aja, beres kan?

Urusan yang nggak kalah penting adalah urusan dapur tetap mengepul, dengan sesegera dan efford seminimal mungkin. Jujur aja, gue males banget kalau harus ke pasar setiap hari, ditambah Hannah sekarang makin berat. Hannah tuh anak kedua gue yang suka gue bawa ke mana-mana karena belum sekolah, termasuk dibawa ke pasar.



A post shared by Innova Carolina (@innovamei) on

Suatu hari, pas kerjaan lagi banyak-banyaknya, dan Hannah rewel pengen digendong mulu, gue nggak sempat buat belanja ke pasar, dan setelah pencarian di google, gue berlabuh di aplikasi belanja groceries HappyFresh.

HappyFresh merupakan layanan belanja kebutuhan sehari-hari dari toko dan supermarket favorit yang bisa dipesan setiap saat dengan waktu pengantaran kurang dari 1 jam, dengan dukungan personal shopper yang standby di setiap store. Saat ini HappyFresh melayani pembelanjaan di Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Transmart Carrefour, Super Indo, Grand Lucky, Red&White dan LOKA Lifestyle Supermarket, dan tidak menutup kemungkinan ke depannya akan bertambah store yang bekerja sama dengan HappyFresh. Layanan jangkauan saat ini melayani wilayah Jabodetabek, termasuk Tangerang, BSD, Bekasi dan Depok serta Surabaya dan Bandung pusat. Emejing dan promising banget yah?

Yang gue suka dari HappyFresh ini adalah belanjanya ngga harus dari aplikasi, jadi cocok banget buat ibu bekerja kayak gue, di mana waktu gue tuh sebagian besar ada di depan laptop, dan hanya sesekali saja mengecek hp. Trust me, di kantoran pun kelamaan ngecek hp itu nggak nyaman apalagi ada bos yang ngeliatin, jadi HappyFresh ini understanding banget layaww.


Untuk tampilan halaman depannya nanti seperti berikut:

Sistem di HappyFresh sendiri akan otomatis mencocokkan apakah alamat kita masuk ke dalam area pengantaran mereka atau tidak, jika masuk dalam area pengantaran maka kita tinggal memilih mau berbelanja di store yang mana.

Ini kolomnya, jadi sebelum mulai berbelanja gue akan masukkin alamat pengantaran terlebih dahulu, baru nanti bisa pilih mau belanja dari supermarket mana. Sejauh ini sih gue demen karena user interfacenya yang lumayan friendly, dan pindah-pindah halaman yang nggak ngelag.

Ini tampilannya saat gue memilih berbelanja dari supermarket Superindo yang berlokasi di Kelapa Gading, well ngga terlalu jauh dari tempat gue di Kemayoran, tapi tetep aja kalau pergi ke sana sendiri ongkos PPnya lebih mahal daripada biaya deliverynya HappyFresh + parkir. Jadi gue lebih kambuan (rela) bayar biaya delivery dibandingkan bermahal-mahal, +macet menuju ke sana. No no!

Ini adalah tampilan item-item yang dijual dengan harga spesial. 

Tadinya gue mengira kalau belanja lewat HappyFresh bakalan lebih mahal, karena harganya memang sudah ditentukan oleh HappyFresh plus service charge untuk beberapa barang. Ternyata sama seperti berbelanja di supermarket biasa, HappyFresh juga ada deals yang bisa dilihat langsung di toko lewat desktop maupun aplikasi. 

Cara belanjanya simple, kayak belanja online biasa, tinggal masukkin ke cart.

Ini isi cart gue, beneran kan gue belanjanya barang remeh, tapi berguna karena nggak mungkin gue ninggalin rumah hanya untuk beli susu, popok, dan buah! 

Dan buat yang mau tau hematnya, gue akan kasih perbandingan harganya dengan supermarket yang biasa gue beli, antara harga supermarket (HS) vs HappyFresh (HF)
1. Anggur red globe
HS: Rp 32.500/500 gr
HF: Rp 30.600/paket sekitar 500gr

2. Muesli
HS: tidak tersedia, biayanya harga sama tapi isinya lebih sedikit, sekitar Rp 120.000/kg
HF: Rp 58.800/kg

3. Susu formula bayi
HS: Rp 82.000
HF: Rp 86.300

4. Mie instan
HS: Rp 2.500
HF: Rp 2.700

5. Telur ayam
HS: Rp 23.000
HF: Rp 23.600 dapatnya telur omega

6. Telur asin
HS: Rp 14.000
HF: Rp 14.700

7. Tissue 
HS: Rp 15.000
HF: Rp 13.700

8. Biaya perjalanan
HS: Rp 25.000 PP ojek online mobil + parkir Rp 4.000 (dan macet tentu saja) + makan minum di lokasi perbelanjaan
HF: Rp 20.000

Total belanja jika di supermarket biasa sebesar Rp 318.000 lebih mahal dibandungkan HappyFresh yang sebesar Rp 226.800 termasuk biaya delivery. Jadi kalau dihitung berikut waktu yang dibutuhkan untuk jalan sendiri, sebenarnya biaya deliverynya ini nggak mahal, toh belanjanya nggak tiap hari, biasanya gue sih seminggu 1x.

Untuk jam pengantaran bisa dipilih, dimulai dari 1 jam ke depan hingga 6 hari ke depan, jadi sangat fleksibel. Karena cukup tingginya permintaan pembelanjaan, sebaiknya sih disetting untuk 1 hari ke depan sehingga dapat slot pengiriman. Kalau jamnya dicoret, itu berarti sudah penuh.

Ini kalau order sudah terpesan dengan benar akan muncul tanda "ORDER SUCCESS" yang bisa dicek baik di komputer maupun di aplikasi HappyFresh, serta masuk ke alamat email. Sistem kayak ginian enak buat belanja perusahaan juga, sehingga orderannya sudah tercatat tinggal lapor ke bagian finance aja. Tukang belanja jajanan meeting kantor mana suaranyaaaa?


Namanya berbelanja di supermarket, terkadang beberapa barang bisa jadi kosong, namun di sini kita bisa memilih apakah shopper perlu menelpon, atau bisa langsung cancel saja untuk barang yang kosong. Kemarin barang yang kosong sih enaknya gue langsung ditelpon sama shoppernya, dan bisa langsung diganti, tentu saja tagihannya nanti menyesuaikan sesuai total pembelanjaan ya, bisa dibayar dengan tunai maupun kartu kredit.

Dan ini belanjaaaannya, sengaja ngetest belanja telor dan telornya ngga satupun pecah hehe, sama mas-masnya dikasih keranjang telor nih.


Jadi pengalaman berbelanja di HappyFresh ini satisfying banget, dan time saviour ya buat gue, apalagi sekarang lagi susah gerak jauh-jauh karena anak di rumah musti dijagain.

Yang gue suka berbelanja di HappyFresh ini:

1. Mudah dan loadingnya cepat
Ini penting, walaupun dengan akses internet yang biasa saja gue tetep bisa buka aplikasinya dengan lancar sehingga proses memilih belanjaan itu jadi ngga terlalu lama.

2. Bisa diakses dari pc, tablet, juga handphone
Buat gue yang duduk seharian di depan meja sambil mantengin laptop, akan sangat tersiksa kalau belanja hanya bisa dari aplikasi. HappyFresh menawarkan kemudahan akses baik dari PC maupun smartphone.

3. Pengantaran fleksibel
Jadwal pengantaran bisa dipilih, bisa 1 jam ke depan sampai 6 hari ke depan. Cocok buat yang bingung besok mau masak apa, tinggal distok aja bahan-bahannya.

4. Murah dan sering ada penawaran khusus customer happyfresh
Tadinya aku berpikir berbelanja menggunakan jasa pihak ketiga bakalan pricey, ternyata HappyFresh sama dengan supermarket biasa yang ada barang-barang diskon, bahkan di aplikasi / desktop ditampilkan langsung deal-deal supermarket di halaman depan.

5. Dibelanjakan oleh personal shopper
Ini cukup krusial mengingat siapa yang menangani belanjaan gue, karena pengalaman gue nitip-nitip tuh berakhir tragis karena yang dititipin nggak ngerti barang, ngga bisa bedain daun bawang sama seledri, dan ngga bisa pilih pisang mana yang sudah matang, pisang mana yang dimakan buat besok. Di HappyFresh kemarin item-item yang dipilih bagus, fresh, seperti berbelanja sendiri di supermarket, dan gue seneng.

Kira-kira itu alasan sampai saat ini gue masih mempertahankan HappyFresh sebagai provider personal shopper yang berguna banget untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di saat ini gue saat ini sibuk bisnis dan ngeblog. 

Tenang aja buat yang mau nyobain berbelanja dengan HappyFresh, bisa menggunakan voucher kode 

HFBLGINC


Syarat dan ketentuan penggunaan voucher:
1. First time orders only
2. 10% Discount for minimum purchase of Rp 150.000
3. Valid for All Areas (Jakarta, Surabaya, Bandung)
4. First 100 users
5. Valid until June 30, 2017

Happy Shopping, jangan lupa follow social media HappyFresh karena banyak penawaran menarik dan update promo di sini. Khusus pembelanjaan selama bulan puasa berkesempatan mendapatkan kurma dan hadiah menarik.



See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

1 comment

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete