6 Cara Aman Menurunkan Berat Badan dan Tetap Makan Seperti Biasa Bersama Heavenly Blush

Saya rasa sudah menjadi impian setiap orang, baik pria maupun wanita, untuk tetap berada di bentuk tubuh yang sehat dan proporsional. Keinginan memiliki tubuh yang sehat, dengan bentuk yang bagus, bukannya tanpa alasan, sebab tubuh yang kurang sehat dan ternutrisi rentan terkena penyakit.

Saya saat ini: 55kg, 169 cm

Cara mengukur tubuh ideal

CARA MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL DENGAN RUMUS BMI 

Rumus BMI (Body Mess Index) atau umum juga dimaksud IMT (Indek Massa Badan) biasanya di jadikan referensi untuk tahu berat tubuh seorang. Rumus ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang. Hingga akhirnya bakal jadi berat tubuh ideal orang itu. Berikut ini rumusnya :

Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh)

Sebagai Contoh : Berat tubuh saya 55 kg : (1.69 m x 1.69 m) = 55 : 2.85 = 19.2 yaitu Nilai BMI saya, syukurlah masih di angka normal.


STANDAR BMI UNTUK WANITA 

Nilai BMI Kategori
BMI 18 = Under Weight/ Kurus – Baiknya mulai memberi berat tubuh serta konsumsi makanan berkarbohidrat diimbangi dengan olahraga.
BMI 18 – 25 = Normal Weight/ Normal – Bagus, berat tubuh termasuk ideal.
BMI 25 – 27 = Over Weight/Kegemukan – Sebaiknya diet.
BMI 27 = Obesitas – No comment hehe.

STANDAR BMI UNTUK PRIA 

Nilai BMI Kategori
BMI 17       = Under Weight/Kurus – Lebih mengkonsumsi makanan berkalori.
BMI 17 – 23   = Normal Weight/Normal – Ideal.
BMI 23 – 27   =Over Weight/Kegemukan – Sebaiknya diet.
BMI 27      =Obesitas – Turut berduka.

Saat ini tubuh saya dengan tinggi 169 cm, memiliki berat 55 kg, dan berat segini sudah saya maintain sejak lama, sejak saya melahirkan anak pertama, sampai saat ini anak kedua sudah di atas 1 tahun, berat badan saya ya segini-gini saja, paling mentok di 58 kg.

Saya tetap makan normal, dan konsumsi cemilan sehat


Banyak yang bilang saya beruntung, makan banyak tapi nggak gendut. Terima kasih banyak, saya sendiri merasa tubuh saya belum sempurna, emang kurus tapi lemak gajih kok ya terasa paripurna menggelambir di bagian perut, apalagi setelah melahirkan anak kedua. Saya sendiri ngga punya rahasia khusus untuk mengatur makanan dan berat badan saya, apalagi olahraga. Bahkan saya doyan makan, sesekali kulineran. Makanan kesukaan saya sate kerang hehehe.

Kalau dipikir-pikir, saya termasuk jarang olahraga, tapi makan banyak bisa tetap kurus, ya walaupun perut saya nggak singset. Jadi begini, memang belakangan ini ada beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga tubuh saya tetap bugar, walaupun jarang olahrga, dan tetap mengkonsumsi makanan yang saya sukai. 

1. Bangun lebih pagi

Ini hal yang saya lakukan di awal hari, dengan bangun lebih pagi, otomatis kesibukan di pagi hari itu terhandle dengan baik, nggak hectic, dan meminimalisir terjadinya "kesialan" yang tidak diinginkan, contohnya: ketinggalan barang, lupa menaruh barang penting yang akan dibawa, ngga sempat sarapan sehingga makan siang membabi buta. Dengan bangun lebih pagi pikiran akan terasa lebih segar dan nyaman.
Tips: Padasaat bangun pagi jika terasa masih mengantuk, minumlah air putih sebelum bangun dari tempat tidur. Saya selalu menyediakan botol air minum di samping tempat tidur. Minum air di pagi hari, terbukti memperlancar pencernaan, dan nggak bikin "kalap" saat sarapan.

2. Melakukan pekerjaan rumah sendiri

Ini lanjutan dari poin nomer 1 bangun pagi tadi, yakni dengan bangun pagi saya bisa merapikan mulai dari kasur, rumah, serta membuat sarapan sendiri. Kegiatan fisik yang kelihatannya remeh dan bersifat rutinitas ini lebih efektif daripada membakar kalori di gym yang tidak dilakukan dengan rutin.

3. Berpikiran positif dan lupakan mantan

Ada tertulis, bahwa hati yang gembira adalah obat. Jadi pikiran positif itu adalah investasi untuk menjaga kesehatan, sehingga badan tetap bugar dan bisa makan apa saja. Berarti nggak boleh marah? Nggak boleh julid dong? Ahahaha, tetep boleh julid dan kesel lah, kan saya manusia juga. Tapi ya jangan lama-lama gitu deh julidnya, habisin tenaga itu, dan berujung pada kalap makan kayak habis ketemu mantan.

4. Makan kenyang

Makan kenyang di sini artinya makan dengan cukup, perhatikan asupan gizi yang diperlukan. Contohnya kayak saya makan, kenyangnya harus ada nasi, ya makan nasi, tetapi porsinya diperhatikan, jangan kalap. Apalagi bulan puasa, jika berbukanya kalap ya puasa malah nggak bikin kurus, jadi ajang naikkin berat badan deh.

6. Konsumsi snack yang sehat

Kok dari tadi bahasannya makan, makan, dan makan lagi? Saya senang mengamati kebiasaan makan karena ini adalah kebutuhan, kita makan sehari sekitar 2-4x dan jika kebiasaan makan ini diperhatikan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga. Dibandingkan kita memperhatikan kebiasaan gym, atau workout yang cuman seminggu sekali. Intinya adalah, apa yang lebih sering kita kerjakan, itulah yang akan mempengaruhi, dalam hal ini, berat badan nggak nambah, tapi makan tetap normal.

Memilih snack sehat ini menurut saya penting karena banyak orang yang merasa makan sudah bener, tapi punya kebiasaan ngemil nggak sehat itu yang bikin berat badan ya tetep naik. Jadi yang bercita-cita makan enak tapi nggak gendut ya salah satu caranya perhatikan cemilan setiap harinya.

Nah, untuk alternatif snack sehat saat ini saya mengkonsumsi Heavenly Blush TummYogurt Bar dan TummYogurt Drink. Saya kadang suka salah sebut juga dengan Tummy Yogurt, yang benar adalah TummYogurt ya.

Heavenly Blush TummYogurt Bar dan TummYogurt Drink


Heavenly Blush TummYogurt Bar dan TummYogurt Drink ini merupakan alternatif snack sehat yang selain berfungsi menambah asupan serat, juga menahan rasa lapar, melancarkan pencernaan, sehingga membantu program diet atau penurunan berat badan, karena memiliki kandungan kalori yang pas sehingga nggak ada tuh namanya kelebihan kalori yang berujung pada penimbunan lemak.



Heavenly Blush TummYogurt Bar ini berbeda dengan produk lainnya, karena bukan minuman, melainkan berbentuk stik bar dengan bahan multigrains Chia Seed, Pumpkin Seed, Sunflower Seed, Black Sesame, White Sesame yang memiliki 2 varian rasa: Lime dan Berries.

Berries

Lime


Yogurt bar pertama di Indonesia dengan multi grain dengan dua varian rasa Berries (90 kkal) dan Lime (100 kkal). Buat yang gelisah kalau hanya minum yogurt saja, snack yogurt bar ini rekomen untuk dicoba karena emang bikin kenyang, serius saya ketagihan ceritanya ini. Bahkan suami dan anak-anak saya suka TummYogurt Bar ini!



Yang saya suka dari TummYogurt Bar ini:
1. Mudah disimpan dan dibawa
2. Bentuknya padat jadi lebih "terasa" saat makannya
3. Rasanya enak

TummYogurt Bar ini bisa dibeli di Starbucks, Farmers Market dan Foodhall, seharga Rp 7.000 - 9.000.



TummYogurt Drink ini merupakan varian baru dari Heavenly Blush yang terdiri dari 3 varian rasa. Yaitu Raspberry Broccoli (150 kkal), Mango Carrot (150 kkal), Blueberry Redbeet (100 kkal), rasa buah bitnya sendiri enak, nggak bikin lidah cranky! Minuman ini diperkaya dengan high fiber yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi bisa membuat kenyang lebih lama, sehingga saya nggak tergoda ngemil-ngemil nggak sehat lagi (contohnya gorengan). Produk Heavenly Blush juga dilengkapi dengan kandungan kalsium yang bagus buat saya sebagai ibu-ibu, apalagi buat ibu hamil dan menyusui.

Yang saya suka dari TummYogurt Drink ini:
1. Kemasan botol sehingga mudah dibawa ke mana-mana
2. Tidak takut tumpah
3. Rasanya enak
4. Isinya banyak

TummYogurt Drink ini bisa dibeli di: Indomaret, Carefour, Papaya, AllFresh, Foodhall, dan Farmers Market.



Buat saya yang sehari-hari aktif sebagai ibu 2 anak, blogger, mengelola beberapa online shop, dan sekaligus masak, Heavenly Blush sudah jadi santapan sehari-hari karena rasanya yang enak, apalagi sekarang muncul snack bar-nya.

Terima kasih Heavenly Blush yang sudah menelorkan produk yogurt yang enak, asamnya pas, dan pas dikonsumsi setiap hari.




See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

8 comments

  1. Aku pengan nyoba belum nemu yang jual ni

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau heavenly blush skg keluarin snack :)))

    Dia full grain gitu ya mamandaaa? Kalo yg lain kan mostly separuh grain separuh flavornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. full grain , toppingnya baru flavour. lumayan sih nggak kenyang palsu makan ini

      Delete
  3. Apakah ada batasan berapa kali ngemil snack heavenly blush dalam sehari? Kayaknya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ngga ada, tapi sesuaikan dengan berapa kali makan saja, misal kalau saya makan sehari 2x ya ngemilnya sehari 2-3x juga

      Delete
  4. Waaaah bermanfaat sekali ada itungan BMInya segala macemmm hihi heavenly blush yoghurt barnya yang berries dabestttt

    www.rahmabrilianita.con

    ReplyDelete