Brexit Haul dan Rekomendasi Tempat Belanja Online dengan Mata Uang Poundsterling

Holaaa beauties!

Selain menulis review kosmetik dan skincare, belanjain haulnya customer di sini, aku juga suka lihat-lihat kalo ada moment yang bikin aktivitas belanja online jadi asik. Iya dong, apalagi bentar lagi lebaran pasti THR gak lama lagi turun. Eits, jangan buru-buru dihabisin, kalo mau sabar sedikit aku mau kasih tips asik belanja online dengan memanfaatkan fundamental yang terjadi di pasar mata uang. Aaakkkk bahasanya.....intinya kita belanja dengan murah itu aja!


Iya, fundamental yang paling hot belakangan adalah Brexit. Britain Exit, atau hasil referendum sementara yang menyatakan Inggris bakalan keluar dari Uni Eropa. Berita ini sukses menghebohkan dunia dan hampir tiap hari tayang di berita televisi lokal, walaupun sebenarnya aku sendiri tidak terlalu terpengaruh. 


Aku akan singkat aja, dan aku tidak akan membahas Brexit ini lebih jauh, karena sumber berita di luar sana sudah menjelaskannya jauh lebih lengkap. Tapi, yang aku mau kulik dan bagikan dengan teman-teman semua adalah efeknya Brexit buat kita para pembelanja barang online khususnya dari luar negeri.

Jadi begini, fundamental Brexit ini efeknya membuat nilai tukar poundsterling melemah, dan gue yakin ini hanya sementara. Kenapa sementara? Karena Inggris negara yang kaya, dan dia keluar dari Uni Eropa pun seharusnya tidak terlalu mengguncang ekonomi Inggris sendiri. Mereka masih punya nilai tukar yang menjulang terhadap rupiah, dan turis Inggris masih bisa pelesiran dengan nyantai di Indonesia. 

Nah, berita baiknya buat kita, aku amati kalau penurunan mata uang poundsterling cukup banyak. Iyak, rupiah berasa kuat. Jadinya, aku teringat pada shopping haul-ku yang pernah beli dari seller United Kingdom di ebay. Kalo yang pernah mampir ke blogku pasti pernah baca postingan lipstik merek Astor bukan astor coklat jajan lebaran (bisa dibaca di sini) yang gak ada di Indonesia, itu dulu belinya online dari UK, pakai mata uang GBP (kalau mau beli lagi sekarang harusnya lebih murah). Mumpung nilai poundsterling lagi turun, kalo kita belanja barang yang nilainya dalam GBP jatuhnya akan lebih murah. 

Terus mau belanja website apa yang mata uangnya pake GBP, dan harganya murah?

Ayok, bareng-bareng kita browsing, aku punya beberapa online shop rekomendasi yang asik, gak cuman belanja kosmetik, tapi juga item fashion, buku, accesories, yang bisa kita dapatkan dengan mata uang poundsterling (mumpung lagi murah) dan ongkirnya kebanyakan free ke Indonesia. Kalaupun berbayar gak mahal-mahal sangat kok.


Ebay ini destinasi belanja paling luas, banyak sellernya, dan websitenya cepet banget loadingnya. Aku sih ada beberapa seller yang recommended untuk belanja kosmetik di ebay UK, karena pilihan barangnya banyak, dan semuanya brand drugstore yang murah-murah, serta free ongkir ke Indonesia (karena tidak semua seller ebay free ongkir ke Indonesia).

- Xtras Cosmetic UK >> free ongkir ke Indonesia


- Love Cosmetic >> ada jual barang mid brand, ongkir murah, combine shippingnya murah
Biasanya dari UK aku beli sama kedua seller itu, tergantung kebutuhan juga, gak harus dari mereka, karena sebenarnya banyak juga seller yang menjual kosmetik. 

2. ASOS 
ASOS merupakan salah satu destinasi fashion global dengan 80.000 lebih brand yang tergabung di dalamnya. Yang aku suka kalau berbelanja dari ASOS ini adalah free ongkir untuk order di atas GBP 20, kalau di bawah GBP 20 kena ongkir GBP 3. Murah banget kan?
Udah gitu di sini sering ada sale, kadang sampe 70%, kalau sudah sale musti cepet-cepet beli karena stoknya cepet banget habis. Sayangnya free ongkir dari ASOS tidak disertai dengan tracking number, jadi harap-harap cemas kalau menunggu barangnya datang. 

Tips berbelanja dengan murah di ASOS: arahkan currency ke GBP, karena kalau menggunakan currency USD nanti jatuhnya lebih mahal. Untuk mengarahkan currency ada di pojok kanan atas (buka dari PC).


Belanja buku di sini asik asik asik banget. Yang aku suka karena free ongkir, dan bukunya banyak banget pilihannya. Mumpung GBP lagi murmer, jangan sampe ketinggalan momen penting ini. 



Ini pilihan kedua kalo di bookdepository tidak ada, aku suka melipir ke sini, karena di Abebooks menjual buku-buku yang second good condition.

Itu beberapa rekomendasi aku untuk berbelanja barang dari luar negeri dengan harga "lebih murah" karena penurunan mata uang akibat fundamental jarang-jarang terjadi, apalagi untuk mata uang poundsterling. Ini bukan iklan ya mentang-mentang aku punya jasa order barang dari luar negeri, tapi murni semata-mata berbagi seneng aja. Apalagi banyak barang-barang di luar sana yang harganya sebenarnya gak mahal-mahal banget, asal kita yang beli mau sabar menunggu aja.

Buat yang masih bingung caranya belanja online dan mau baca postingan aku yang lama, bisa main ke artikel ini


Buat yang bingung, mau nanya-nanya bisa comment di blog ini, atau post ke http://ask.fm/innovamei

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

16 comments

  1. Owaa, so thank you sis. Kamu mencerahkan hari penghujanku ini. Btw shipping ke Indo sis selalu minta bantuan dari jasa ebay itu ta?


    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung order sendiri juga, pakai jasa kalo gak mau repot misalkan pengiriman terlambat, refund dll

      Delete
  2. Nice post! Jadi pengen coba belanja disana.. ada kemungkinan ditahan bea cukai/nggak ya?
    Aku masih kurang ngerti belanja keluar gini..

    wwww.uniqueblogofmei.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belanja dari ASOS ga pernah kena bea cukai sih selama ini, soalnya belinya paling 1-2 pcs saja, kan minimal GBP 20 udah dapat free ongkir

      Delete
  3. Waw, mancab!! Ga kepikiran logh ke sini. Hehehe. Good post!

    ~Fia
    www.fiarevenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya :)

      Delete
  4. nice post mbak.. makasih yaaaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya :)

      Delete
  5. Punya pengalaman belanja di Ebay baru sekali aja, pengen nyobain yang lain juga nantinya :)

    ReplyDelete
  6. This is one awesome article post.Really thank you!

    ReplyDelete
  7. It's so cute isn't it - fell in love!

    ReplyDelete
  8. Hi Mbak, aku baru baca reviewnya. Aku baru aja belanja di ASOS, kalau ASOS gak kasih tracking numbernya, kita bisa lacaknya darimana ya? saya pakai free delivery gitu. Terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Saya blanja di asos tapi kena biaya pengiriman dr kurirnya hampir 800rban, belom sampe di BC indo harus bayar lagii 😣 kalo mau free ongkir harus blanja d bwh 75 usd yaa , dan biar ga gena biaya di BC?

    ReplyDelete