Cara Berbelanja Vitamin di Marketplace




Isu vitamin palsu ini lumayan meresahkan. Di tengah kebutuhan vitamin tinggi karena pandemik dan jumlah penderita covid-19 naik, tentunya membaca berita vitamin palsu beredar di masyarakat membuat saya resah, dan mungkin juga sebagian imun turun.

Saya sendiri akhirnya menemukan beberapa penjual vitamin yang saya duga palsu, dan ada juga beberapa penjual yang menjual barang asli. Nah, untuk membedakannya tidak perlu repot, sebetulnya cukup bertanya kepada penjualnya. Ini cara yang biasanya saya pakai:

1. Tanya barang original atau tidak
Ini sebetulnya sangat umum, bahkan jika ditulis original saya tetap akan bertanya juga. Biasanya pedagang yang memang barangnya asli akan tetap menjawab kalau dagangannya asli, bahkan ditanya berkali-kali ya tetap menjawab itu asli tanpa embel-embel ini itu. 

2. Minta foto asli
Ini sekalian memastikan barangnya ready, apalagi jika pas kehabisan stok. Jika seller masih bisa memberikan foto asli kemungkinan dia pegang sendiri stoknya dan saat diminta cepat pun bisa dikirim di hari yang sama. Ini preferences saja sih ya, saya lebih suka membeli di pedagang yang kecil daripada yang pakai admin terkadang yang pedagang kecil ini masih mudah kalau ditanya/konsultasi sedikit, khususnya vitamin.

3. Tanya kenapa jualnya murah
Ini juga saya lakukan walaupun kesannya pengangguran banget. Saya pernah nanya di salah satu seller tokopedia, dijawabnya begini: Iya biar cepat laku, kami juga makan sendiri jadi tau rasanya kalau membeli terlalu mahal itu sayang banget uangnya. Relate banget gitu sih....

4. Cek jualan seller ini yang lain
Hanya memastikan kalau tokoya aktif, in case ada kendala di pengiriman.

5. Tanya nama asli / akun instagram / no WA
Penjual yang asli biasanya tidak keberatan membagikan nomer WA, walaupun yang dibagikan nomer WA belum tentu beli.

6. Menghindari penjual sombong
Seasli-aslinya dan semurah-murahnya, saya paling benci kalau ketemu penjual yang angkuh, galak dan malas di-chat. Jadi yaa sebisa mungkin saya menghindari penjual model begini karena nanti jika ada masalah biasanya bakalan susah dihubungi.

Buat saya membeli vitamin tidak ada BPOM tidak masalah, toh barang dari luar negeri selama saya tahu asal usulnya ya tetap bagus. Yang saya hindari untuk makeup dan vitamin memang barang China, karena ya tau sendiri takut kurang bagus. Kalau untuk konsumsi, dan saya bagikan juga ke team, saat ini saya pakai Vitamin Now dan California Gold, sedangkan untuk anak-anak di rumah saya pakai Solaray Multivitamin yang kids. 

Semoga tips singkat ini membantu ya buat kita yang suka hunting barang di marketplace!

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

No comments

Post a Comment