Sewa Baju Ibu dan Anak Murah di Rentique




Berada di rumah rasanya tidak menyurutkan niat saya untuk tetap foto-fotoan, khususnya buat stok foto di media sosial. Namun, seiring berjalannya waktu, apalagi kondisi lockdown khususnya, saya hampir tidak pernah keluar rumah. Ke mall? Sama sekali tidak terpikirkan.

Di tengah kondisi "tidak punya baju", saya kenalan dengan jasa penyedia sewa baju yang harganya murah, yaitu Rentique.

Jaman dulu, sewaan baju itu identik dengan baju kebaya, dan kostum karnaval, serta biasanya kondisi baju yang disewakan sudah nggak asik. Nah, Rentique ini beda, jauh beda karena yang disewakan itu pakaian berbagai occasion, nggak hanya baju pesta dan baju kerja, bahkan yang tematik kayak baju cheongsam pun ada (ini seneng banget loh saya karena bisa buat imlek, secara baju cheongsam tuh yang bagus harganya mahal sangat!)

Rentique sendiri didirikan pada bulan Februari 2019, merupakan lokal startup yang berbasis aplikasi (available di android dan iOS), di mana service Rentique dapat digunakan di 22 kota di Indonesia: JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Malang, Jogja, Semarang, Medan, Palembang.

Memang, sewa baju ini tadinya nggak masuk dalam list budget saya, karena saya mengira mahal. Ternyata setelah dihitung-hitung malah jauh lebih murah, dan juga ada beberapa alasan saya merekomendasikan Rentique ini:

1. Sewa di Rentique itu mudah

Semakin berumur, saya semakin anti keribetan. Ribet yang saya maksud itu adalah suatu barang dan jasa yang harganya murah tapi banyak syarat dan ketentuan berlaku. Apalagi saat ini sebagai full-time ibu rumah tangga dan sekaligus bekerja di rumah, rasa-rasanya saya nggak ada waktu untuk mengulik barang dan jasa yang syarat dan ketentuannya harus dibaca dulu. Di Rentique ini sewa bajunya mudah, dan tidak ribet. Jadi harga yang tertampil di aplikasi itu sudah termasuk biaya sewa (tentu saja), biaya antar dan ambil balik, serta biaya laundry.



2. Mendukung startup lokal

Ini alasan klasik tapi berarti buat saya. Memang Rentique bukan yang pertama, namun buat saya mendukung platform lokal ini ya dimulai dari saya sendiri. Kalau bukan kita yang mendukungnya, masak nunggu dicaplok dan berkembang di luar negeri?

3. Tersedia juga selain di Jabodetabek

Jakarta lagi, Jakarta lagi. Kadang kalau saya posting sesuatu, saudara saya yang tinggal jauh-jauh suka nanya kenapa barang dan jasa yang bagus-bagus adanya cuman di Jakarta? Fyi, service Rentique dapat digunakan di 22 kota di Indonesia: JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Malang, Jogja, Semarang, Medan, Palembang dll. Jadi yang tinggal di luar Jakarta juga kebagian.                                                                                

4. Bedaaaaaa banget ternyata.....

Saya ini sangat jarang beli baju, apalagi yang harganya di atas 200 ribu. Bukannya pelit, tapi memang saya jarang pakai sehingga baju-baju saya ya itu-itu saja dan memang saya sendiri senang menggunakan item fashion berulang kali. Sayangnya baju yang harganya "murah" itu cepat rusak, apalagi jika pencuciannya tidak benar.

Nanti pas sewa kira dikirimi tasnya seperti ini

Dress yang saya sewa, bahannya halus, jahitan rapi, dan tidak tembus pandang

Begitu pula dengan dress anak



Pas datang dress dari Rentique ini, beda banget ya baju desainer dengan baju yang dijual di pasaran. Baju desainer ini lebih presisi jahitannya, cuttingnyaa juga pas, dan nggak aneh dipakai, sizenya pas tidak kedodoran maupun terlalu ketat.






Serta, baju dari Rentique ini bahannya tebal dalam artian tidak menerawang sehingga saya tidak perlu underwear tambahan lagi. Satu lagi bajunya walaupun saya tidak pakai korset juga tetap jatuhnya bagus dan tidak membuat saya kelihatan besar di foto. FYI, selama di rumah saja berat saya naik lumayan banyak sampai ke 60 kg dari yang biasanya 55-58 kg. Oh iya Rentique juga lengkap sizenya mulai XS sampai 3L ada, tinggal cek saja di aplikasi.

Demikian pula dengan baju anak, baju seharga 1.399.000 dari Juniper Coco yang dipakai Hannah ini kainnya terasa halus, kokoh, dan tidak "loyo". Bagian dalamnya juga dilapisi lagi dengan kain sehingga dipakai tanpa kaos dalam pun juga sudah bagus dan tidak tembus pandang. Ada harga ada rupa, itu yang saya alami dengan baju-baju desainer ini. Jadi tidak bisa di samakan dengan bulk fashion yang di marketplace, apalagi yang harganya kelewat "murah" biasanya gambar dan aslinya suka berbeda.

Ini baju yang dipakai Hannah


5. Protokol kesehatan dan kebersihan

Rentique juga menerapkan standard operational baru, yang mewajibkan setiap karyawan operations untuk menggunakan disposable gloves, masker dan face shield. Semua karywan juga kami lakukan pengecekan terhadap suhu tubuh, dan pengunaan hand sanitizer. 

6. Harga terjangkau

Harga sewa di Rentique ini mulai dari 80.000 selama 4 hari, dan sudah termasuk biaya antar jemput item, serta laundry. Kalau sering berbelanja barang menggunakan jasa Ojek online pasti kita tahu biaya sekali jalan berkisar 15-20 ribu, belum kalau PP, ditambah biaya laundry paling murah 25 ribu, berarti nett sewa di Rentique itu sebenernya paling hanya 35 ribuan saja setelah dikurangin biaya antar jemput dan laundry. Artinya, tentu saja jauh lebih murah daripada segelas kopi mewah yang sering saya beli!



7. Hemat penyimpanan

Penghematan lainnya dari menyewa baju adalah mengurangi biaya penyimpanan yang terjadi di saya. Biaya penyimpanan ini banyak komponen nya, antara lain biaya lemari, laundry, transportasi membeli baju, belum kalau seperti di apartemen saya lemarinya ada rayap, terus lemarinya keropos dll. Ya, penyimpanan ini jadi biaya tersendiri, apalagi jika baju anak yang hanya bisa dipakai selama 3-8 bulan saja karena badan anak masih bertumbuh.

Terus biayanya berapa sih?
Rentique memiliki 2 jenis service: Rentique One Time Rental (sewa item satuan mulai dari Rp 80.000 / 4 hari) dan Rentique Dream Closet (paket sewa bulanan, seharga Rp 290.000 / bulan untuk 8 item). 8 item ini bisa di mix dress, aksesoris dan tas. Untuk harga per item ini bisa cek di aplikasi Rentique, download saja dulu.



-Harga service Rentique sudah termasuk free delivery, return dan laundry, jadi tinggal order lewat aplikasi nanti akan dikirim ke alamat kita.

-Rentique berpartner dengan 5 stars laundry partner, yang mana mereka telah mengantongi sertifikasi envirookleen (100% environmental friendly process) tanpya menggunakan detergent yang berbahaya untuk pengguna dan lingkungan. Setiap proses pencucian dilakukan dengan detail dan steril, setelah baju disetrika kemudian di press untuk menghindari bakteri / kuman yang menempel, sehingga no worry ya karena memang baju di Rentique ter-handle dengan baik.

Foto-foto saat pakai:




Kesimpulan saya menyewa baju ini lebih banyak efek senang, manfaat dan penghematannya, dibandingkan dengan kebiasaan membeli fast fashion yang hanya dipakai 3-5x saja, kemudian saya merasa "tidak punya baju" lagi. Dengan mengurangi isi lemari, hidup jadi lebih minimalist tanpa mengurangi "warna". 



See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

1 comment

  1. ahhh bagus bajunya mbak
    aku baru tau nama aplikasinya. sayangnya kok di kota gede aja ya, kalau malang juga masih sewaktu waktu aku kesana
    tapi gpp next bisa dicoba ini

    ReplyDelete