Tempat Rekomendasi Berbelanja Kosmetik Palsu di Jakarta

Bicara soal makeup itu nggak ada habisnya. Sebagai pecinta kosmetik dan perawatan kulit, pengetahuan saya sendiri tentang kosmetik awalnya juga terbatas. Berawal 2005 saya pertama kali di Jakarta, saya tinggal di dekat hotel Classic di daerah Sawah Besar Jakarta Pusat. Kala itu akses internet juga masih terbatas, nggak pernah tahu yang namanya google sehingga saya kalau mencari kosmetik ya cari-cari sendiri, alias caranya masih manual.

Nah, berbekal pengetahuan yang semakin lama semakin mudah diakses lewat internet, saya mau share tempat rekomendasi berbelanja kosmetik murah dan dijamin palsu, tentu saja sesuai lingkup tinggal saya di Jakarta. 

Lho kok palsu? Kalau yang asli sudah jelas bisa beli di toko online brand, atau di mall, jadi siapa tahu di sini ada yang pengen coba kosmetik palsu ya, sekalian saya share beberapa juga kosmetik palsu yang bisa kita temui di pedagang-pedagang ini.

Gambar hanya pemanis


1. Pasar Asemka
Sebagai tempat yang terkenal untuk berbelanja aksesoris, di Pasar Asemka yang berlokasi di Glodok ini juga tak kalah marak perdagangan kosmetiknya. Bahkan parfum aspal yang entah bagus atau tidaknya, juga banyak ditemui di sini. Kosmetik yang agak aneh merknya juga bisa seperti krim HN, revlon makeup palet yang tentu saja palsu, terus palet Urban Decay yang harga aslinya selangit itu bisa ditemukan dengan harga miring di sini. Ya jelas, kan palsu. 

2. Pasar Baru
Terkenal sebagai salah satu sentra kosmetik dan perdagangan alat salon, ternyata di sini juga ada tentunya pedagang kosmetik palsu. Jika pedagang kosmetik asli biasanya berlokasi di toko-toko, kalau kosmetik palsu biasanya didominasi oleh abang-abang yang menggelar dagangannya mulai sore hari di area dalam Pasar Baru. Wah, jangan belanja di abang-abang dong? Kalau merk yang aslinya murah kayak Just Miss, Implora, My Darling, itu asli. Ya asal jangan merk drugstore aja dikhawatirkan palsu. Biasanya sih saya beli pembersih kutek yang warna pink, itu malah adanya cuman di abang-abang kosmetik ini. 

3. Petak Sembilan Glodok
Di sini lebih banyak toko obat sebetulnya, namun karena di sini lumayan ramai ada juga abang-abang pedagang kosmetik palsu. Saya sendiri kalau belanja kosmetik menghindari area ini, karena mahal, kedua tempat ini panas. Sekali pun kosmetik asli, disimpan di kondisi yang panas bisa saja sudah melting dan tidak dalam kondisi "prima". 

4. Mangga Dua
ITC Mangga Dua yang paling banyak, di lantai dasar, biasanya barangnya bercampur kosmetik asli dan lokal. Patokannya sih saya berdasarkan harga aslinya, misalkan pensil alis Viva yang seharga 30 ribuan asli, maka di pedagang jika harganya 15 ribu bisa di pastikan palsu. Kedua, cari toko sih yang minimal ada di Google walaupun toko biasa, kalau ada apa-apa lebih gampang untuk publikasi. 

Terus, barang-barang apa saja yang biasa dijual di pedagang kosmetik palsu ini? Literally sih biasanya supaya nampak tidak terlalu mencolok, pedagang ini tidak hanya jualan fully palsu, namun juga ada yang original sehingga pembeli yang kurang paham tentu saja bisa memilih yang palsu, atau jika direkomendasikan sama pedagangnya.

Kalau merk-merk yang sudah established kayak Wardah, Emina, Viva memang jarang ada palsunya, kecuali pensil alis Viva. Dulu Iya banyak, tapi untuk menghindari dapat barang palsu saya sebisa mungkin menghindari pembelian di toko kosmetik biasa. Walaupun asli pun kalau di toko disimpan dalam kondisi panas, nggak smoke free, saya juga kurang sreg membeli nya.

Apalagi sekarang jamannya online, hampir semua brand baik lokal maupun import punya toko online sendiri, juga official store di marketplace, jadi saya sendiri lebih pilih belanja di toko terse but. Perlu diingat kosmetik selain harus asli, penyimpanannya juga harus proper. Kalau belanja offline saya sendiri lebih suka ke mall, alasannya karena di mall dingin, jadi barangnya baik makeup maupun skincare itu nggak meleleh. Semoga sih, ke depannya pedagang kosmetik yang palsu juga pada sadar dan lebih mau menjual brand lokal karena sekarang yang lokal dan murah aja sudah banyak yang bagus.

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

No comments

Post a Comment