Keriorrhoea Akibat Makan Gindara

Ini pengalaman beberapa hari yang lalu, yang saya rasa perlu di-share karena nggak populer, semoga berguna ya.



Jadi, saya kan belakangan ya gitu suka mencoba berbagai macam masakan. Karena waktu belanja yang terbatas, kebanyakan bahan-bahan masakan saya beli online. Suatu hari, bersamaan dengan belanja daging-daging online, saya membeli ikan gindara (sudah dalam keadaan beku, tinggal masak).

Oke, singkat cerita saya masak ikan gindara tersebut jadi sup ikan, dan saya memakannya cukup banyak.

Nah, cerita selanjutnya yang menjadi poin paling penting, yaitu efek samping memakan ikan gindara, yang saya simpulkan setelah browsing sana-sini. Jadi beberapa hari setelah mengkonsumsi ikan ini, saya mengalami kondisi (maaf) "greasy poop", and fart with greasy result on my pants. Ini bener-bener annoying, disgusting, dan tampak sangat tidak berwibawa. Saya tidak bisa mendeskripsikannya dengan detail apalagi foto, tapi ya itu harusnya normal, tapi keluar dengan kondisi berminyak warna orange.

Saya browsing, dan menemukan bahwa kondisi ini bisa jadi salah satu gejala penyakit mematikan seperti kanker pankreas, batu empedu dll which is bikin saya makin stress. Mana investasi saham belum sempat mulai, boro-boro..... 

Ya, terus setelah google lebih banyak, ternyata penyebab orange oil ini adalah konsumsi ikan gindara / butterfish / black cod / escolar, apa pun namanya itu. Dan, yang paling penting, ini bukan sesuatu yang mematikan.

Terus saya ingat-ingat memang pas saya cebokkin anak-anak juga sempat merasa kok pantatnya berminyak, ya mungkin efek setelah mengkonsumsi gindara ini tadi. Bahkan saya google di wiki namanya malahan oilfish. 

Ya udah, saya jadinya...lega aja. Nggak jadi merasa mau mati.

Ada yang punya pengalaman yang sama kah?

Update: Sembuhnya tergantung frekuensi BAB, setelah oil-nya habis maka sudah selesai-lah efek sampingnya. Yang annoying, nodanya susah dibersihkan jadi saya terpaksa membuang pakaian yang terkena noda.



See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

14 comments

  1. Trimakaasi infonya mbaa,ini saya lg browsing2 krn merasakan hal yg sama,,lega saya krn memang br makan gindara steak di abuba kmrn..sgt bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, ini ngagak berbahaya cuman memang mengejutkan saja haha

      Delete
  2. Daaann barusan kejadian dong. Sebelumnya ga pernah makan/beli ikan gindara, trus nyobain. Makan kemarin malam, malam ini sy pipis koq celana dalam bleber kuning2 sampai ke celana luar. Rendam cd lah malam2 gini pakai vanish. Ga akan makan gindara lagi deh walopun sehat, repotnya dan jijay nyaaaaa. Masih banyak ikan sehat lain nya yg ga pake efek samping. Huhuhuhu

    ReplyDelete
  3. Untuk pejuang diet bagus dong pasti buat ngeluarin minyak ditubuh tapi jangan berlebihan juga pastinya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan minyak tubuh tapi ikannya emang berminyak sih ya

      Delete
  4. Baru kejadian di saya, awalnya panik kaget krn saya pikir darah di stool :p ternyata nemu posting ini, jadi agak lega skrg... cmn memang annoying & disgusting sih... ini msh aja oozing out oil nya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emang mengerikan sih efeknya bikin terkejut

      Delete
  5. Makasihh kak infonya, awalnya khawatir banget soalnya kejadian juga 1 hari setelah makan ikan gindara, jadi gak khawatir lagi deh :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa setelah minyaknya keluar nanti udahan reda sendiri kok

      Delete
    2. Perlu minum obat atau probiotik gitu ga?

      Delete
  6. Wkwwkwk makan ikan gindara itu super duper sehat, kandunga minyak ikan nya 96% , kaya akan omega 9 nya , untuk kecerdasan otak

    namun namun ,,setelah makan anda akan merasanakan sakit perut, disusul dng buang gas, dan kentut nya juga berminyak , nah. Pas buang air itu , pupsnnya lancar bgt dan BERMINYAK BANGET,. Sehingga perlu dicebok dng sabun , dan ingat hati hati bila kentut

    ReplyDelete
  7. Saya mau menambahkan bagi yang BAB berminyak di settai dengan "SAKIT PINGGAMG", bisa minum Paracetamol dan akan mereda nyerinya. Salam aelalu ya

    ReplyDelete